Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:12 WIB | Minggu, 09 Agustus 2015

PM Singapura Syukuri Perubahan Menjadi Negara Diperhitungkan

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. (Foto : bloomberg.com).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri (PM) Singapura–Lee Hsien Loong–bersyukur  karena di kemerdekaan yang ke-50 Singapura, negara tersebut telah berubah menjadi negara yang diperhitungkan internasional karena perubahan yang memakan waktu beberapa dekade membutuhkan proses yang berat.

“Yang paling utama, marilah kita rayakan bagaimana kita sudah melangkah maju daripada sebuah negara Dunia Ketiga menjadi negara Dunia Pertama, sebagai rakyat yang bersatu padu, tanpa membiarkan siapa pun tertinggal di belakang,” kata Lee dalam pidato kemerdekaan ke-50 Singapura seperti tertuang di berita.mediacorp.sg Sabtu (8/8).

Lee menginginkan di masa depan setiap rakyat Singapura meraih manfaat  kemajuan Singapura. Adanya penambahan mutu kehidupan yang  baik bagi segenap etnis – untuk kaum Tiongkok, Melayu, India dan Serani.

“Untuk kaum buruh dan eksekutif,  untuk penghuni flat  dan kondominium. Kita menjadikan sebuah Negara dengan ramai rakyatnya memiliki rumah sendiri. Semua orang berpeluang untuk tingkatkan diri. Semua orang harus menjalankan masa depan yang lebih cerah, terutama bagi anak-anak kita,” kata Lee.

Lee menjabarkan pada 9 Agustus 1965 hari Kemerdekaan Singapura ditandai dengan pengumuman di salah satu stasiun radio yang mengatakan Singapura keluar dari Malaysia, dan menjadi sebuah negara berdaulat  dan merdeka.  

Lee menceritakan di awal pemerintahan bapak pembangunan Singapura, mendiang Lee Kuan Yew–ayah kandungnya–ekonomi   Singapura pada masa itu masih lemah. “Kita  tidak memiliki sumber daya ekonomi dan tidak ada angkatan bersenjata,” kata dia.

“Kita akan menjadi contoh. Ini bukan negara orang Melayu, bukan negara orang Tiongkok,  bukan negara orang India. Setiap orang akan ada tempat di sini, sama rata dari segi bahasa, budaya, agama,” kata Lee menirukan perkataan mendiang ayahanda. (berita.mediacorp.sg)

 

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home