Loading...
MEDIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:29 WIB | Senin, 11 Mei 2015

PolcoMM Institute: Menteri Susi Paling Populer

Direktur Eksekutif PolcoMM Institute Heri Budianto (kedua kiri) dalam diskusi politik dan rilis survei Kinerja dan Komunikasi Menteri Jokowi: Publik Tahu atau Tidak di Hotel Gren Alia Cikini Jakarta Pusat, Senin (11/5). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Political Communication (PolcoMM) Institute meluncurkan hasil penelitiannya mengenai kinerja Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam enam bulan terakhir ini. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti keluar sebagai urutan teratas dalam hasil penelitian dan memiliki kinerja yang paling baik yang diketahui oleh publik melalui pemberitaan di media nasional.

“Selama enam bulan kerja kabinet Presiden Jokowi-JK, menteri yang paling banyak muncul di publik dan paling banyak diketahui kerja kementeriannya dalam pemberitaan media massa adalah Menteri Susi Pudjiastuti, sebanyak 12,3 persen,” kata Direktur Eksekutif PolcoMM Institute Heri Budianto dalam diskusi politik dan rilis survei Kinerja dan Komunikasi Menteri Jokowi: Publik Tahu atau Tidak di Hotel Gren Alia Cikini Jakarta Pusat, Senin (11/5).

Menurutnya, Menteri Susi dinilai paling populer karena dianggap sebagai sosok yang jujur, tegas dan dianggap berhasil dalam menegakkan sanksi untuk pelaku pencurian ikan dan penenggelaman kapal asing.

Dia mengungkapkan bahwa penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa berita sebanyak 32.047 berita di 15 media massa nasional yang terdiri dari surat kabar, televisi dan online. Metode riset yang digunakan adalah content analysis dan discourse analysis dengan periode pemberitaan selama enam bulan dari Oktober 2014 hingga April 2015 dan periode riset mulai tanggal 1 hingga 7 Mei 2015.

Kemudian menurut hasil penelitian PolcoMM Institute, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly sebanyak 9,3 persen. Di posisi ketiga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan sebesar 9,1 persen disusul Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno sebesar 8,3 persen dan di posisi kelima Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri sebesar 7,8 persen.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home