Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:02 WIB | Senin, 02 Mei 2022

Polisi: Lalu Lintas Lancar, Sekitar 30.000 Kendaraan Meninggalkan Jakarta di H-1

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, mengatakan masih ada 30 ribu kendaraan yang belum berangkat dari Jakarta menuju kampung halaman masing-masing. Dia memprediksi, pemudik berangkat saat malam takbiran maupun selepas Salat Id Fitri 1443H.

"Kita tinggal tunggu saudara-saudara kita yang berangkat nanti malam pas malam takbiran, atau besok setelah solat. Ada 30 ribu (kendaraan pemudik)," kata Firman di Command Centre Korlantas Polri, KM 29, Tol Jakarta Cikampek, Minggu (1/5).

Firman yakin, arus lalu lintas jalan tol akan tetap normal jika 30 ribu kendaraan tersebut bergerak malam ini maupun besok tanpa adanya rekayasa lalu lintas. Untuk itu, kepolisian menutuskan untuk mengakhiri mekanisme one way dari KM 70 tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 tol Kalingkung.

"Hari ini angka (volume lalu lintas) sudah turun, dari prediksi sisa 30 ribu kendaraan, padahal kemarin (29/4) padat sampai 85 ribu kendaraan, dan sampai Cipularang tersendat. Nah dari angka itu kita lihat ada 30 ribu, masih bisa ditampung menggunakan jalur normal," kata Firman.

"Jadi one way kita akhiri jam 12 sesuai prediksi, dan masyarakat berperan penting mau berangkat tertib dan lebih awal," imbuh Firman.

Sebelumnya, Korlantas Polri memberlakukan sistem one way untuk mengatasi tingginya volume lalu lintas para pemudik Lebaran 2022, Sabtu (30/4/2022) yang dibuka pukul 22:00 WIB. Keputusan itu berlaku  dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 70 sampai Gerbang Tol Kalikangkung KM 414.

Selain itu, pada hari Minggu bdan Senin (2/5) lalu lintas dari Jakarta ke Jawa tengah dan Jawa Barat dilaporkan lancar.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home