Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 08:28 WIB | Kamis, 04 November 2021

Polisi Tangkap Penipu Jual Beli HP Mencatut Akun PS Store

(Foto ilustrasi: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM- Polres Metro Jakarta Timur membongkar sindikat penipuan jual beli handphone mengatasnamakan toko PS Store milik Putra Siregar. Dari hasil penyelidikan itu dua orang diringkus, dan juga disita beberapa barang bukti.

Kapolres Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan, mengatakan, pengungkapan kasus itu bermula ketika menerima laporan dari korban bernama Bonar Christiantoro yang merasa tertipu setelah melakukan transaksi pembelian handphone dari para tersangka berinisial AD, JB, dan SR pada 10 Juli 2021.

Bonar merasa ada yang janggal dan melakukan konfirmasi ke PS Store resmi milik Putra Siregar. Selanjutnya Bonar melaporkan kepada Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur tanggal 11 Juli 2021.

"AD berperan memalsukan KTP Putra Siregar yang merupakan pemilik PS Store. JB bertugas menampung dan menarik uang yang ditransfer korban dengan dalih jual beli HP melalui aplikasi PS Store. Sedangkan SR berperan sebagai pembuat rekening ATM, SIM card, serta aplikasi PS Store," kata Erwin kepada wartawan Senin (1/11).

Kerap Terjadi Penipuan

Penipuan bermodus jual beli handphone mengatasnamakan PS Store kerap terjadi. Dunia online membuat para penipu lebih mudah menghilangkan jejaknya. Cukup menghilang dari akun dan membuat akun baru, mereka sudah bisa melanjutkan aksinya. Salah satu yang paling marak terjadi adalah di media sosial.

Kepala Cabang PStore Jakarta, Yusuf Ismail, mengatakan, catut mencatut brand PS Store bukanlah barang baru, seperti yang dilakukan AD, JB, dan SR untuk menipu korbannya, Bonar Christiantoro.

”Kami memang sering mendapat aduan dari konsumen yang merasa telah membeli barang berupa ponsel, yang telanjur memesan ponsel melalui akun-akun palsu Instagram PS Store. Uang telah ditransfer namun barang pesanan tak kunjung datang,” katanya.

Lantaran banyaknya akun bodong yang mengatasnamakan PS Store, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat membeli handphone atau barang elektronik lainnya.

Yusuf menambahkan, untuk terhindar dari penipuan tersebut, sebaiknya masyarakat yang hendak membeli handphone langsung mendatangi gerai resmi PS Store.”Saya lebih menyarankan masyarakat untuk datang dan transaksi langsung ke toko,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home