Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 10:53 WIB | Sabtu, 16 Maret 2024

Polisi Zimbabwe Tangkap Pemimpin Sekte Yang Menyebut Diri Nabil Ishmael

Nabi Ishmael didakwa di pengadilan Zimbabwe setelah polisi mengatakan sekte tertutupnya mempekerjakan 251 anak-anak sebagai pekerja.
Polisi Zimbabwe Tangkap Pemimpin Sekte Yang Menyebut Diri Nabil Ishmael
Ishmael Chokurongerwa, 56 tahun, seorang nabi “gadungan” terlihat di kuilnya di sebuah peternakan sekitar 34 kilometer (21 mil) utara ibu kota, Harare, hari Rabu, 13 Maret 2024. Ishmael Chokurongerwa memimpin sekte dengan lebih dari 100 anggota. Polisi Zimbabwe pada hari Rabu mengatakan mereka menangkap pria yang mengaku sebagai nabi dari sekte apostolik di sebuah kuil tempat umat beriman tinggal di sebuah kompleks dan pihak berwenang menemukan 16 kuburan yang tidak terdaftar, termasuk kuburan bayi, dan lebih dari 250 anak-anak digunakan sebagai buruh murah. (Foto-foto: AP)
Polisi Zimbabwe Tangkap Pemimpin Sekte Yang Menyebut Diri Nabil Ishmael
Anak-anak di sebuah kuil di sebuah peternakan sekitar 34 kilometer (21 mil) utara ibu kota, Harare, Rabu, 13 Maret 2024.

NORTON-ZIMBABWE, SATUHARAPAN.COM-Seorang pria yang menyebut dirinya Nabi Ismael didakwa di pengadilan Zimbabwe pada Kamis (14/3) setelah polisi menggrebeg kompleks tempat dia memimpin sebuah sekte agama dan menemukan lebih dari 250 anak yang dilarang bersekolah dan dipekerjakan sebagai buruh murah.

Polisi juga menemukan 16 kuburan tidak terdaftar, termasuk tujuh kuburan bayi, di peternakan sekitar 34 kilometer (21 mil) barat laut ibu kota Zimbabwe, Harare.

Ismael Chokurongerwa dan tujuh pembantunya didakwa mengeksploitasi anak-anak dan menolak akses mereka terhadap pendidikan dan layanan kesehatan. Juru bicara kepolisian, Paul Nyathi, mengatakan penyelidikan masih berlangsung dan pihak berwenang mungkin akan mengajukan tuntutan lebih lanjut.

Para pemimpin sekte juga dituduh melanggar undang-undang yang mewajibkan pencatatan kematian dan penguburan. Media pemerintah melaporkan ada sekitar 1.000 orang yang tinggal di pertanian tersebut sebelum penggrebegan.

Chokurongerwa, 56 tahun, dan para pembantunya akan tetap ditahan setelah hakim mengatakan pada sidang pengadilan bahwa dia akan memutuskan permohonan jaminan mereka pekan depan. Tak satu pun dari mereka mempunyai perwakilan hukum pada persidangan dan tidak jelas di mana mereka ditahan.

Orang-orang tersebut memohon kepada hakim untuk membebaskan mereka dengan jaminan, dengan mengatakan bahwa mereka bukan orang yang melakukan kekerasan dan memiliki anak-anak yang harus dijaga yang akan menderita jika mereka dikirim ke penjara.

Beberapa pengikut Chokurongerwa pergi ke sidang pengadilan di kota terdekat, Norton, untuk menunjukkan dukungan kepadanya.

“Ayo hujan, datanglah guntur, kami akan mengikuti Tuhan kami,” kata Tabeth Mupfana, seorang perempuan berusia 34 tahun yang mengatakan bahwa dia dilahirkan dalam sekte tersebut ketika berada di lokasi lain dan tidak mengalami pelecehan apa pun. “Kami tidak akan pernah meninggalkan agama kami. Kita seperti gajah, tidak ada yang bisa menghentikan kita. Semua orang yang memerangi kita adalah pedagang setan.”

Seorang pria yang tinggal di dekat pertanian tersebut mengatakan bahwa pertanian tersebut dijalankan seperti pabrik, memproduksi sabun, minyak goreng, dan furnitur untuk dijual, sementara sekte tersebut juga bercocok tanam dan memelihara ternak.

Petugas polisi bersenjata dengan gas air mata dan anjing tiba di pertanian pada hari Selasa (12/3) dengan truk. Mereka menemukan 251 anak yang “dibiasakan melakukan berbagai aktivitas fisik untuk kepentingan pimpinan sekte tersebut,” kata Nyathi. Ia mengatakan, 246 anak di antara mereka tidak memiliki akta kelahiran.

Mereka “menjadi sasaran pelecehan sebagai buruh murah, melakukan pekerjaan kasar atas alasan diajarkan keterampilan hidup,” kata Nyathi.

Polisi kembali ke peternakan pada hari Rabu (13/3) bersama pekerja sosial dan menangkap anak-anak dan perempuan, banyak dari mereka membawa bayi, dan membawa mereka dengan bus ke tempat penampungan.

Sekte ini diyakini sebagai salah satu dari banyak kelompok Kristen Apostolik di Zimbabwe, yang pengikutnya terlihat jelas dari jubah putih panjang mereka, dan perempuan serta anak perempuan juga mengenakan kerudung putih. Kelompok Apostolik memadukan kepercayaan tradisional dengan doktrin pentakostalisme. Ada pula yang bersikap tertutup dan menghindari pengobatan modern, menjauhkan anak-anak dari sekolah, dan melakukan poligami.

Mereka terkadang mencari kesembuhan penyakit melalui doa dan penggunaan air suci serta batu yang diurapi.

Gereja-gereja apostolik sangat populer di Zimbabwe, dan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-bangsa (UNICEF)memperkirakan bahwa gereja-gereja tersebut adalah denominasi agama terbesar di negara itu dengan sekitar 2,5 juta pengikut di negara berpenduduk 15 juta jiwa.

Di pertanian pada hari Kamis (14/3), sebagian besar laki-laki tetap tinggal, duduk dalam kelompok kecil dan semuanya mengenakan kaus putih dan celana pendek khaki yang serasi. Mereka menolak menyebutkan nama mereka.

Seorang pria berkata: “Kami berbeda, tapi kami tidak aneh. Kita hanya mempunyai kepercayaan sendiri yang berasal langsung dari Tuhan dan bukan dari kitab suci. Hak asasi manusia diterapkan secara selektif di negara ini. Beberapa dari kami tidak memiliki hak apa pun.”

Yang lain mengkritik tindakan polisi.

“Kami bukan aliran sesat, kami di sini dengan bebas,” katanya. “Saya belum pernah melihat kekejaman seperti ini. Polisi menyeret istri dan anak-anak kami ke dalam bus seperti penjahat.” Dia mengatakan kelompok itu terdiri dari orang-orang pekerja keras yang menjaga diri mereka sendiri.

Laki-laki lain melanjutkan pekerjaan mereka di bangunan-bangunan kecil yang tersebar di sekitar pertanian, beberapa dari mereka mengelas baja dan yang lain menggiling jagung.

Edmore Kwesa mengatakan dia tinggal di dekat peternakan dan belajar sedikit tentang cara hidup mereka dengan berbicara dengan anggota sekte yang membawa ternak nabi untuk digembalakan di padang rumput komunal. Dia mengatakan kelompok itu tertutup tetapi “rajin.”

“Di sana seperti pabrik mini,” katanya. “Mereka menghasilkan sabun, minyak goreng, furnitur, hasil bumi dan hewan ternaknya banyak sekali. Tapi tidak ada yang dibayar. Sebaliknya, setiap anggota meminta perbekalan dari nabi, yang membagikannya sesuai kebutuhan.”

Sekte tersebut menjual produk mereka di pusat bisnis lokal, sementara orang-orang dari luar juga dapat membeli barang langsung dari pertanian, katanya.

“Jika salah satu dari mereka meninggal, mereka hanya mengubur satu sama lain di sana tanpa keterlibatan siapa pun di luar sekte mereka,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home