Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 10:46 WIB | Jumat, 21 Agustus 2015

Prancis dan Inggris Bangun Pusat Komando Atasi Arus Migran

Menteri Dalam Negeri Prancis, Bernard Cazeneuve (kanan), dan Menteri Dalam Negeri Inggris, Theresa May berkunjung ke pusat komando dan kendai terowongan Euro, pada hari Kamis (20/8) di Calais, Prancis utara. (Foto: voaindonesia.com)

CALAIS, SATUHARAPAN.COM - Inggris dan Prancis bekerjasama mendirikan "pusat komando dan kendali" baru di kota pelabuhan Prancis, Calais untuk menanggapi upaya ribuan imigran menyeberangi Selat Inggris secara ilegal tahun ini.

Sedikitnya 10 migran meningggal ketika melalui jalur tersebut untuk mencari pekerjaan, sebagaimana dikutip voaindonesia.com, hari Kamis (20/8).

Menteri Dalam Negeri Inggris, Theresa May bertemu dengan koleganya dari Prancis Bernard Cazeneuve di Calais untuk menandatangani sebuah kesepakatan.

Kesepakatan tersebut termasuk menempatkan pejabat Inggris di Calais untuk mengatasi operasi perdagangan manusia, dan membangun pusat kendali dekat pintu masuk terowongan Euro, sebuah pusat yang fokus pada migran yang berharap mendapat tumpangan kereta atau mobil untuk pergi ke Inggris.

Pagar tambahan, lampu sorot, kamera keamanan dan teknologi sinar merah juga akan dipasang di kawasan sekitar terowongan.

Prancis juga mengatakan akan memberikan kontribusi bantuan kemanusiaan tambahan bagi para migran di kamp dekat terowongan Euro, di mana kondisi kebersihannya buruk.

Situasi ini mencapai tahap putus asa bulan lalu ketika sebanyak 1.700 migran berusaha menaiki kereta Euro pada suatu malam. Pihak yang berwenang mengatakan rata-rata orang yang berusaha menaiki kereta setiap malamnya telah turun menjadi sekitar 150.

Peningkatan jumlah migran yang berusaha masuk ke Inggris hanya salah satu contoh krisis imigrasi yang dihadapi Eropa tahun ini, karena semakin banyak imigran yang berusaha lari dari konflik dan kemiskinan di Afrika dan Timur Tengah dibandingkan sebelumnya.

Yunani, Italia dan Hungaria bergulat dengan masalah yang serupa untuk mengatasi orang-orang yang datang mencari kerja dan keadaan hidup yang lebih baik di perbatasan Uni Eropa.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home