Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:06 WIB | Selasa, 27 Agustus 2013

Prancis dan Spanyol Galang Kerjasama Perangi Kejahatan Antar Negara

Manuel Valls (kiri) dan Jorge Fernando Diaz (kanan) saat pertemuan di Chateaurenard (foto: gouvernement.fr)

CHATEAURENARD , SATUHARAPAN.COM – Kementerian Dalam Negeri Prancis dan Spanyol sama-sama bertekad memerangi kejahatan terorganisir lintas negara, sehingga keduanya membuat kesepakatan tertulis Memorandum Understanding, yang berisi kesepakatan penangananan keamanan di antara kedua negara hingga waktu lebih dari satu tahun.

Menurut rilis resmi yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Prancis pada Senin (26/8), proses penandatanganan kerjasama ini berlangsung  pada Sabtu (24/8) di Chateaurenard, 695 km ke arah tenggara Paris.

Manuel Valls selaku Menteri Dalam Negeri Prancis dan Jorge Fernandez Diaz selaku Menteri Dalam Negeri Spanyol menyampaikan apresiasi kepada masing-masing negara atas peranan aparat kepolisian dalam menangani kejahatan lintas negara.

Pada kerjasama keamanan antar dua negara ini didukung oleh Direktorat Antar Polisi Yudisial kota Marseille dan Badan Nasional Polisi Prancis, sementara itu dari Kementerian Dalam Negeri Spanyol akan menurunkan Brigade Anti Terorisme pada Kepolisian wilayah Murcia, dan unit khusus UDEV (Unit Khusus Penangangan Kejahatan dan Kekerasan), kedua institusi ini bertugas memerangi individu maupun kelompok yang acapkali melakukan tindakan kriminal berbahaya terhadap sebuah perusahaan Spanyol yang memiliki kantor di wilayah Tarascon, 700 kilometer arah selatan Paris.

Sebelumnya, pada bulan April 2013 kerjasama serupa antara Kepolisian Spanyol dan Kepolisian Prancis di bawah kerjasama resmi antar kedua kementerian dalam pernah berhasil dengan baik mengaggalkan aksi perampokan yang menimpa sebuah kendaraan yang membawa pegawai perusahaan pertanian di Propinsi Murcia, Spanyol, karena di dalam kendaraan tersebut membawa gaji untuk membayar buruh tani.

Saat penangkapan agen khusus dari pihak kepolisian Spanyol, Polisi Prancis ikut bekerjasama, dan dari rumah tersangka ada tiga senjata, dan kepolisian Spanyol dan Prancis menduga bahwa ada kaitan antara peristiwa yang di Prancis dan Spanyol. (interieur.gouv.fr/ lacerca.com/)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home