Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 08:00 WIB | Rabu, 01 November 2023

Prancis: Sembilan Ditangkap Karena Lempari Bus Tim Sepak Bola

Bek Marseille asal Argentina #05 Leonardo Balerdi (kedua dari kanan) menerima kartu kuning saat pertandingan sepak bola leg pertama Grup B Liga Eropa UEFA antara Olympique de Marseille (OM) dan Brighton and Hove Albion di Stade Velodrome, di Marseille pada 5 Oktober 2023. (Foto: dok. AFP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Sepak bola Prancis kembali dirusak oleh kekerasan setelah pertandingan Ligue 1 Olympique de Marseille melawan Olympique Lyonnais (OL) dibatalkan pada hari Minggu (29/10) ketika bus tim tamu dan beberapa penggemar dilempari batu dan botol bir, sehingga melukai pelatih Lyon Fabio Grosso.

Grosso, pemenang Piala Dunia bersama Italia pada tahun 2006, mengalami cedera wajah dalam insiden tersebut, sehingga pejabat liga harus menghadapi episode kerusuhan lainnya dari para penggemar.

Karena insiden hari Minggu terjadi di luar Stade Velodrome Marseille, Liga Prancis (LFP) tidak memiliki yurisdiksi untuk menerapkan pengurangan poin, meskipun mereka dapat memutuskan bahwa pertandingan harus dimainkan secara tertutup.

Menteri Dalam Negeri, Gerald Darmanin, mengatakan sejauh ini sembilan orang telah ditahan. “Saya berharap hukuman penjara setinggi-tingginya akan dijatuhkan kepada para penggemar yang merusak pesta semua orang,” tambahnya di BFM TV.

Insiden tersebut merupakan gambaran buruk bagi LFP, yang sedang menegosiasikan kesepakatan hak siar televisi untuk musim 2024-2029, dengan tender yang berakhir pada hari Kamis, dan dibuat untuk tayangan yang memalukan kurang dari setahun sebelum Olimpiade Paris 2024.

Beberapa pertandingan babak penyisihan Olimpiade akan dimainkan di Marseille, tempat kekerasan meletus pada Piala Dunia 1998 antara pendukung Inggris dan polisi Prancis.

“OL menyesalkan situasi seperti ini terulang setiap tahun di Marseille dan menyerukan kepada pihak berwenang untuk menilai keseriusan dan pengulangan insiden semacam ini sebelum tragedi yang lebih serius terjadi,” kata Lyon dalam sebuah pernyataan, dan klub menambahkan bahwa mereka akan mengajukan keluhan hukum resmi.

“Apa yang terjadi pada Fabio Grosso benar-benar tidak bisa diterima,” kata Presiden OM, Pablo Longoria. “Ini adalah sesuatu yang tidak boleh terjadi dalam sepakbola. Meski terjadi di luar stadion, itu tidak bisa diterima. Saya marah dan terkejut dengan situasi ini.”

Marseille mengutuk perilaku fans mereka dalam sebuah pernyataan pada hari Senin. “Olympique de Marseille menyesalkan insiden tidak dapat diterima yang terjadi di sekitar Stade Orange Velodrome, yang melibatkan bus tim profesional dan bus pendukung Olympique Lyonnais,” bunyi pernyataan tersebut.

“Klub mendoakan agar pelatih Lyon Fabio Grosso segera pulih dan mengutuk keras perilaku kekerasan ini, yang tidak memiliki tempat di dunia sepak bola atau di masyarakat.

Salam Nazi

“Kami telah melihat hampir semua hal yang tidak ingin Anda lihat,” kata Menteri Olahraga, Amelie Oudea-Castera, kepada France 2 TV, seraya menambahkan bahwa para penggemar juga meneriakkan hinaan homofobik dan rasis di Stade Velodrome Marseille.

“Itu menyedihkan, menjijikkan, menjijikkan.”

Lyon mengecam perilaku fansnya setelah beberapa terlihat melakukan penghormatan ala Nazi di Velodrome.

“OL dengan tegas mengutuk perilaku rasis yang tidak dapat diterima dari individu di tribun pada hari Minggu,” kata klub dalam sebuah pernyataan.

“Klub telah meminta rekaman tersebut untuk mengidentifikasi pelaku tindakan yang bertentangan dengan hukum, tetapi juga bertentangan dengan nilai-nilainya, dan menegaskan kembali tekadnya untuk menjauhkan mereka dari tribun penonton.”

Hari Minggu ini bukan pertama kalinya bus tim tandang menjadi sasaran di Marseille, insiden sebelumnya dilaporkan terjadi pada tahun 2016 dan 2019. Itu juga terjadi setelah masalah penggemar merusak musim pertandingan 2021-2022.

Saat itu Nice kehilangan dua poin, salah satunya ditangguhkan, setelah insiden serius selama pertandingan mereka melawan Marseille ketika pemain tim tamu bentrok dengan pendukung tuan rumah yang melempari mereka dengan rudal dan menyerbu ke dalam lapangan.

Derby utara antara RC Lens dan Lille juga dilanda masalah penonton, dengan awal babak kedua tertunda setelah pendukung lawan saling melempar benda sebelum orang-orang berlarian ke lapangan, sehingga menyebabkan polisi anti huru hara dan penjaga lapangan turun tangan.

Pada musim 2021-2022 itu juga sempat terjadi kerusuhan penonton di Montpellier, Angers, Marseille, dan St Etienne. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home