Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:19 WIB | Jumat, 04 Juli 2014

Prediksi Perempat Final: Belanda vs Kosta Rika

Robin Van Persie (kiri), andalan Belanda akan beradu ketajaman dengan Bryan Ruiz (andalan Kosta Rika), (kanan). (Foto: fifa.com).

SALVADOR, SATUHARAPAN.COM – Belanda menghadapi Kosta Rika pada Minggu (6/7) dini hari WIB di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador pada perempat final Piala Dunia 2014.  

Belanda sang wakil Eropa di babak 16 besar harus merasakan perlawanan cukup ketat saat menjajal negeri Sombrero di perdelapan final lalu, Meksiko mampu menyulitkan tim besutan Louis Van Gaal, terlebih lagi negeri Kincir Angin harus merasakan tertinggal terlebih dahulu dari Meksiko. Arjen Robben dan kawan-kawan bahkan frustrasi oleh kegemilangan penjaga gawang Meksiko, Guillermo Ochoa sebelum akhirnya mampu menyamakan kedudukan dan meraih kemenangan 2-1.

Belanda yang perkasa di penyisihan grup B harus bekerja ekstra keras lagi karena Kosta Rika merupakan “mesin pembunuh” juara dunia. Optimisme dikemukakan kiper Belanda Jasper Cillessen telah memuji fleksibilitas dari rekan setimnya Dirk Kuyt di Piala Dunia kali ini, walau pelatih Louis Van Gaal tidak memercayainya sebagai pilihan utama tetapi Kuyt mampu tampil baik sebagai pengganti saat menghadapi Cile di penyisihan grup, dan Meksiko di perdelapan final

 Cillessen yakin pemain berusia 33 tahun telah menunjukkan nilai penuh kepada tim.

“Dirk adalah benar-benar luar biasa, dia bisa di posisi apa saja, aku akan memastikan bahwa dia mendapatkan posisi semestinya,” lanjut Cilessen. 

Sementara itu Kosta Rika di bawah asuhan  Jorge Luis Pinto tidak boleh kehilangan gairah menjelang semakin ketatnya Piala Dunia, karena mereka harus membuktikan lebih seperti Uruguay, Italia dan Inggris yang mereka buat tak berdaya saat penyisihan Grup D lalu.

Yunani yang bersua di perdelapan final lalu dalam partai sesama kuda hitam juga tak berdaya di tangan Kosta Rika karena kalah adu penalti 4-5, apabila telah melaju hingga perdelapan final maka target yang diusung pelatih Jorge Luis Pinto tidak sembarangan. Pinto tak ada salahnya menargetkan juara Piala Dunia 2014. 

“Kami telah membuktikan pada semua orang bahwa pencapaian kami di Piala Dunia ini bukanlah karena kebetulan ataupun keberuntungan. Kami bisa sampai sejauh ini karena kerja keras,” kata Jorge Luis Pinto di Sky Sports sehari seusai mengalahkan Yunani.

“Kami berlatih penalti sebelum dan kami telah mempelajari oposisi dan itulah mengapa kami berhasil dalam adu penalti, ini adalah pertandingan yang dramatis, yang sangat sulit. Ada saat-saat ketika kami mendominasi pertandingan, tetapi ada saat-saat lain kami harus bertahan,” lanjut Pinto.

Kiper Kosta Rika Keylor Navas membuat sejumlah penyelamatan penting, termasuk menghentikan bola tendangan penalti Theofanis Gekas dalam adu penalti.

Pinto mengapresiasi kerja keras Navas. “Saya percaya dia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Dia adalah pemeran pendukung yang lengkap. Kami percaya padanya dalam adu penalti. Dia telah percaya diri karena dia adalah seorang pria yang luar biasa,” kata Pinto.

Navas gembira sembari mengamini pujian pelatihnya. “Ini adalah saat yang luar biasa dan kami bersyukur kepada Tuhan atas pengalaman ini,” kata Navas. “Aku berterima kasih kepada keluarga saya. Inilah yang memotivasi saya untuk tetap bekerja,”  lanjut Navas.

Perkiraan Susunan Pemain:

Belanda: Jasper Cillessen, Daley Blind, Ron Vlaar, Martins Indi, Paul Verhaegh, Stefan de Vrij, Nigel de Jong, Dirk Kuyt, Georginio Wijnaldum, Wesley Sneijder, Arjen Robben, Robin van Persie.

Kosta Rika: Navas, Gonzalez, Umana, Borges, Duarte, Bolanos, Diaz, Gamboa, Tejeda, Ruiz, Campbell. (fifa.com/sportsmole.co.uk).  

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home