Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:24 WIB | Senin, 14 April 2014

Presiden FIDE Akan Bantu Intensifkan Catur ke Sekolah

Presiden FIDE, Kryzan Ilzhuminov (paling kiri), dan Hasjim Djojohadikusumo (kanan, Ketua Umum Percasi) dalam sebuah pertemuan terbatas. (Foto: inachess.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Federasi Catur Dunia (FIDE), Kirsan Ilyumzhinov berusaha membantu perkembangan olahraga catur di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu kesepakatan antara dirinya dan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) yang menggelar pertemuan tertutup pada Sabtu (12/4) di Jakarta.

“Kami anggap penting untuk mensosialisasikan catur bagi kalangan pelajar,” kata Ilyumzhinov.    

Ilyumzhinov hadir di Jakarta dalam rangka kunjungan kerja terbatas, dan dalam pertemuan bersama petinggi PB Percasi hanya dihadiri Hasjim Djojohadikusumo selaku Ketua Umum, dan Hendry Hendratno sebagai wakil ketua. Presiden FIDE tersebut mengapresiasi perkembangan catur di Indonesia, terutama PB PERCASI.

Ilyumzhinov akan mengusahakan hadirnya beberapa pelatih catur  berlisensi FIDE ke Indonesia untuk memberikan pelatihan bagi para pelatih di Indonesia.

Presiden FIDE memahami  situasi kunjungannya yang mendadak memang kurang tepat karena Indonesia masih hangat-hangatnya membicarakan masalah politik pasca pemilu.

Ilyumzhinov menyatakan cukup puas bisa bertemu langsung dengan Ketua Umum PB PERCASI Hashim Djojohadikusumo yang merupakan teman lamanya.

“Apabila diminta oleh Percasi, FIDE akan membantu memperkuat Bidang Litbang,” tutup Ilyumzhinov.

Presiden FIDE bisa memahami bahwa situasi kunjungannya yang mendadak memang kurang tepat (karena sebagai mantan Presiden Kalmykia, beliau tentunya cukup kenyang dengan urusan politik di negaranya), namun beliau menyatakan cukup puas bisa bertemu langsung dengan Ketua Umum PB Percasi, Hashim Djojohadikusumo yang merupakan teman lamanya.

Pada bagian akhir pertemua terbatas, Ilyzhuminov menyatakan bahwa dia memiliki gagasan berskala internasional yang dia kemukakan kepada dua pejabat PB Percasi, yakni FIDE telah berhasil memasukkan catur sebagai salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Olimpiade Musim Dingin 2018 mendatang. (inachess.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home