Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 07:34 WIB | Selasa, 11 November 2014

Presiden Jokowi Diapit Pemimpin Besar Dunia

Presiden RI Joko Widodo diapit pemimpin besar dunia dalam sesi foto bersama para pemimpin APEC 2014, di Watercube, Beijing pada Senin (10/11). (Foto: setkab.go.id)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat tempat terhormat dalam sesi foto bersama para pemimpin APEC 2014, di Watercube, Beijing pada Senin (10/11). Ia diapit pemimpin besar dunia, yaitu Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Para pemimpin dunia yang datang satu per satu disambut oleh tarian dan lampu warna-warni di sepanjang jalan menuju arena Watercube.

Presiden Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana Widodo dengan memakai baju khas Tiongkok berwarna merah marun. Keduanya berbaur dengan pemimpin negara lain dan berbincang hangat.

Saat sesi foto dimulai, Presiden Jokowi berada di deretan depan bersama Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden RRT Xi Jinping dan istri, serta Presiden Obama dan istrinya Michelle. Mereka menggunakan pakaian dengan motif dan warna senada.

Makna Posisi

Kepada wartawan yang menemuinya wartawan di Hotel Kempinski, Beijing pada Selasa (10/11), Presiden Jokowi menyampaikan makna dari posisinya saat sesi foto bersama pemimpin APEC itu.

“Kamu harus lihat tadi misalnya makan malam seperti ini kenapa kanan saya Presiden Xi Jinping, kemudian di sana ada Pak Obama, di kirinya ada Pak Putin. Saya ada di mana?” kata Jokowi.

“Itu simbol, itu harus dibaca. Kita jadi rebutan gitu loh,” Jokowi menambahkan.

Namun demikian, Presiden Jokowi menegaskan ia akan setia pada konstitusi.  ”Di tengah gitu, bebas aktif. Kamu jangan keluar dari rel konstitusi,” ujarnya. (setkab.go.id)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home