Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 22:54 WIB | Minggu, 22 September 2013

Presiden SBY Tekankan Islamic Solidarity Games Guna Pererat Persatuan

Presiden SBY beserta ibu Ani Yudhoyono saat tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sebelum tadi meresmikan ISG 2013 (foto: akun pribadi twitter SBYudhoyono)

PALEMBANG, SATUHARAPAN.COM –  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap agar pesta olahraga negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam yang diwadahi dalam ajang olahraga Islamic Solidarity Games (ISG) dapat mempersatukan berbagai negara Islam dalam perdamaian. Pesan tersebut dia sampaikan tatkala secara resmi membuka Islamic Solidarity Games 2013 pada Minggu (22/9) di Stadion Gelora Jaka Baring, Palembang, dengan didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo dan Presiden ISSF (Federasi Olahraga Negara Negara Islam), Pangeran Nawwaf Faisal Bin Abdul Aziz.

Presiden SBY mengatakan bahwa ISG bisa memberikan angin segar ketika situasi di Timur Tengah dan Afrika Utara terus bergejolak. “Semoga ribuan atlet tersebut bisa bersatu dalam persahabatan dan perdamaian,” kata Presiden.

Presiden SBY juga menekankan pada ajang yang diikuti oleh atlet 47 negara dari 57 negara anggota Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) ini agar agar berbagai dunia bisa bersatu menciptakan perdamaian.

“Indonesia mengajak bangsa-bangsa sedunia, termasuk negara-negara Islam untuk lebih membikin dunia ini aman, damai, dan sejahtera,” kata Presiden.

Seusai sambutan Presiden SBY, Menpora Roy Suryo, dan Pangeran Nawwaf digelar pesta kembang api dengan penampilan berbagai warna, dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera ISSF.

Sebelumnya, pada siang harinya Menpora Roy Suryo bersama istri, Ismarindayani Priyanti menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

Menurut sejarah, ISG untuk yang pertama kali sempat diadakan pada 2005 di Arab Saudi, akan tetapi perhelatan yang kedua di Iran tidak terlaksana karena situasi politik tidak memungkinkan, dan baru pada 2013 ini diselenggarakan di Indonesia mulai dari 22 September hingga 1 Oktober 2013.

Beberapa cabang olahraga yang akan dilombakan pada ISG 2013 ini diantaranya atletik, basket, memanah, badminton, wushu, sepak bola, karate, renang, taekwondo, tenis, dan voli.

Beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II terlihat mendampingi Presiden dalam kunjungan ke Palembang, antara lain  Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkop dan UKM Syariefuddin Hasan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Wamendikbud Musliar Kasim. (setkab.go.id/kemenpora.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home