Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 01:12 WIB | Senin, 23 September 2013

Arsenal Geser Chelsea di Puncak Klasemen, Manchester United Hancur Berkeping-Keping

Mathieu Flamini (kiri) dan Bacary Sagna (kanan) menghalangi pergerakan pemain Stoke City, Shawcross. (Foto: gettyimages.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Arsenal sukses mengambil alih pimpinan sementara Liga Inggris setelah menggulung tamunya Stoke City 3-1, pada pertandingan lanjutan Liga Inggris yang berlangsung pada Minggu (22/9) di Stadion Emirates, London.  

Mesut Ozil yang baru saja direkrut Arsenal pada hari terakhir penutupan bursa transfer, membuktikan dirinya pantas berada pada tim inti Arsenal ketiga umpan matangnya berbuah gol bagi Arsenal.

Karena sangat didamba-dambakan oleh penonton yang memadati Stadion emirates, nama Ozil didengung-dengungkan di segenap penjuru stadion. Apa yang menjadi harapan penonton ternyata benar-benar terwujud, tatkala Ozil berandil besar dalam gol pertama Arsenal. Bola hasil tendangan bebas Ozil berhasil diblok penjaga gawang Stoke, Asmir Begovic akan tetapi tangkapan Begovic tidak sempurna dan bola bergulir di kotak penalti, gelandang Arsenal Aaron Ramsey langsung menyambar bola tersebut dan berbuah gol. Ini adalah gol ketujuh Ramsey di musim ini dalam semua kompetisi. 1-0 Arsenal memimpin.

Arsenal terlalu percaya diri pada awal babak pertama, karena sudah unggul 1-0 dalam waktu delapan menit, tetapi mereka melupakan lini pertahanan yang mengakibatkan Stoke mulai bangkit di pertengahan babak pertama, tepatnya di menit 26. Menyambut umpan silang dari sayap, gelandang Stoke City, Marko Arnatovic mampu melakukan tendangan voli namun membentur tiang gawang Arsenal yang dijaga, Wojciech Szczesny, penjaga gawang berkewarganegaraan Polandia ini berjibaku untuk mengambil bola, akan tetapi gelandang Stoke, Geoff Cameron datang lebih cepat untuk menceploskan bola. Stoke berhasil menyamakan skor menjadi 1-1.

Arsenal tersadar bahwa koordinasi lini tengah dan belakang terkadang lengah, hal ini mereka atasi dengan cepat. Terbukti pada menit ke-36, gol balasan Arsenal akhirnya hadir saat pemain belakang Arsenal, Per Mertesacker berhasil menyundul bola hasil umpan silang Ozil ke pojok kiri gawang Stoke, sehingga skor berubah menjadi 2-1 hingga babak pertama usai.

Arsenal langsung menggebrak di babak kedua. Tepatnya di menit 49, pemain debutan Serge Gnabry melakukan kerjasama apik dengan Ozil dan melakukan umpan lurus ke kotak penalti Stoke. Sayang, Gnarby menendangnya dengan lemah sehingga Begovic dengan mudah menangkapnya.

Ketika Stoke City berusaha bangkit, Arsenal kembali memperlebar keunggulan. Di menit 70, lagi-lagi Ozil mengirim bola matang kepada pemain belakang Arsenal, Bacary Sagna, selanjutnya bek tim nasional Prancis ini menggandakan keunggulan 3-1 hingga akhir pertandingan.

Hasil ini membawa armada Arsene Wenger naik ke puncak klasemen Liga Primer Inggris dengan 12 poin, menggeser Chelsea dan Liverpool yang mengoleksi 10 angka. Sementara pasukan Stoke City di bawah asuhan pelatih, Mark Hughes berada pada posisi sembilan dengan raupan tujuh poin.

Manchester City Hajar Manchester United 4-1

Sementara itu pada duel tim sekota Manchester City (MC) melawan Manchester United (MU) yang berlangsung satu jam setelah duel Arsenal vs Stoke, menghasilkan total lima gol, empat bagi MC sementara MU hanya kebagian satu gol.

Kemenangan MC salah satu faktornya karena lini penyerangan MU tidak diperkuat penyerang andalan asal Belanda, Robin Van Persie yang cedera saat latihan sehari jelang laga derby (satu kota) ini. Gol pertama MC dihasilkan penyerang Argentina, Javier Aguero setelah mendapat bola dari gelandang Samir Nasri. Jelang turun minum, saat waktu tambahan, Toure sukses menggandakan keunggulan The Citizens. Berawal dari tendangan pojok, Alvaro Negredo sukses menyambut umpan itu dan menanduknya. Toure yang bergerak ke tempat yang tepat pun langsung menceploskan bola hasil sundulan itu dengan sentuhan kaki kirinya.

Javier Aguero menjadi bintang pada pertandingan ini, gol ketiga bagi MC dia cetak hanya beberapa detik setelah pertandingan babak kedua dimulai, memanfaatkan kerja sama satu dua sentuhan bola dengan sesama penyerang Alvaro Negredo.

Gol terakhir MC dilahirkan oleh Samir Nasri yang secara luar biasa berinisiatif menembak jarak jauh dari kotak penalti, setelah sebelumnya mendapat bola hasil umpan dari gelandang Jesus Navas. Tiga menit jelang akhir laga, Wayne Rooney mampu mencetak gol bagi MU. Namun, gol di menit akhir itu tak lebih dari sekedar gol hiburan. Skor 4-1 bertahan hingga bubaran, MC jadi raja Manchester hari ini, akan tetapi dengan kemenangan besar ini MC tidak mampu menggeser Arsenal yang memiliki 12 poin, karena MC dari lima pertandingan hanya mengoleksi 10 poin.

Hasil pertandingan lainnya: Crystal Palace 0-2 Swansea, Cardiff 0-1 Tottenham.

SUSUNAN PEMAIN:
Arsenal
: Szczesny; Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs; Flamini, Ramsey, Wilshere (Monreal 73'); Ozil (Arteta 80'), Gnarby (Miyaichi 73'); Giroud.
Stoke City: Begovic; Cameron, Shawcross, Huth, Pieters (Palacios 67'); Walters, Wilson, Nzonzi, Adam (Ireland 59'), Arnautovic; Jones (Pennant 75'). (premierleague.com/goal.com/arsenal.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home