Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:30 WIB | Rabu, 21 Desember 2022

Presiden Ukraina Kunjungi Medan Tempur di Timur

Foto yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, tengah, berfoto dengan tentara di lokasi pertempuran terberat melawan penjajah Rusia di Bakhmut, Ukraina, Selasa, 20 Desember 2022. (Foto: Presiden Ukraina Kantor Pers viaAP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Selasa (20/12) mengunjungi kota timur yang menjadi fokus dari beberapa pertempuran paling intens dari perang hampir 10 bulan melawan invasi Rusia. Sementara Presiden Rusia, Vladimir Putin, memuji "keberanian dan penyangkalan diri" pasukan garis depannya di Ukraina.

Zelenskyy bertemu dengan personel militer di Bakhmut, tempat "pertempuran sengit" antara para pembela Ukraina dan pasukan penyerang Rusia, kata kantor presiden. Kota yang terletak sekitar 600 kilometer di timur Kiev, tetap berada di tangan Ukraina, menggagalkan tujuan Moskow untuk merebut seluruh wilayah Donbas Ukraina.

Sementara Kremlin mencoba memajukan invasi yang terhenti dan warga Ukraina membakar perabotan mereka agar tetap hangat di musim dingin, Putin memuji badan militer dan keamanan negaranya selama upacara Kremlin. Antara lain, ia memberikan penghargaan kepada kepala empat wilayah Ukraina yang ditunjuk Moskow yang dianeksasi secara ilegal oleh Rusia pada bulan September.

“Negara kami sering menghadapi tantangan dan mempertahankan kedaulatannya,” kata Putin. “Sekarang Rusia kembali menghadapi tantangan seperti itu. Prajurit, perwira, dan sukarelawan menunjukkan contoh keberanian dan penyangkalan diri yang luar biasa di garis depan.”

Invasi darat Rusia, yang dimulai 24 Februari, telah kehilangan momentum dalam beberapa bulan terakhir. Provinsi yang dianeksasi, Donetsk, Kherson, Luhansk dan Zaporizhzhia, tetap diperebutkan dengan sengit. Merebut Bakhmut, yang terletak di Donetsk, akan memutus jalur pasokan Ukraina dan membuka rute bagi pasukan Rusia untuk maju terus menuju kota-kota yang merupakan benteng utama Ukraina di provinsi tersebut.

Tentara bayaran dari Grup Wagner, sebuah perusahaan militer bayangan Rusia, dilaporkan memimpin serangan di Bakhmut. Sebelum Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari, separatis yang didukung Rusia telah menguasai sebagian Donetsk dan Luhansk yang bertetangga sejak 2014. Kedua provinsi tersebut bersama-sama membentuk Donbas.

Kremlin merilis video pidato Putin sebelum upacara penghargaan hari Selasa. Di dalamnya, dia memuji staf keamanan yang dikerahkan ke wilayah Ukraina yang dianeksasi secara ilegal, dengan mengatakan bahwa "orang-orang yang tinggal di sana, warga negara Rusia, mengandalkan perlindungan Anda."

“Tugas Anda adalah melakukan semua yang diperlukan untuk memastikan keselamatan dan perlindungan hak dan kebebasan mereka,” kata pemimpin Rusia itu pada hari nasional memperingati pekerjaan badan keamanan.

Dia berjanji untuk memperkuat unit yang ditempatkan di area yang dianeksasi dengan lebih banyak peralatan dan personel. Daerah berada di bawah tekanan dari serangan balasan Ukraina, serta dari serangan Rusia di kota-kota yang tidak diduduki.

Putin, seorang veteran KGB, juga meminta petugas kontraintelijen untuk meningkatkan upaya untuk menggagalkan kegiatan agen mata-mata asing dan dengan cepat melacak pengkhianat, mata-mata, dan sabotase.

Di Ukraina, perang berlangsung melalui cuaca musim dingin, dengan sedikitnya lima warga sipil tewas dan delapan lainnya luka-luka antara Senin dan Selasa, kantor kepresidenan Ukraina melaporkan dalam pembaruan pagi.

Pasukan Rusia menyerang sembilan wilayah di tenggara negara itu, katanya. Gubernur Donetsk Ukraina, Pavlo Kyrylenko, mengatakan 19 kota dan desa di wilayah itu ditembaki oleh tentara Rusia selama beberapa hari terakhir. Gubernur Luhansk yang diduduki, Serhiy Haidai, mengatakan provinsi itu berada di ambang bencana kemanusiaan.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan dia tidak melihat prospek pembicaraan untuk mengakhiri perang di Ukraina dalam waktu dekat dan mengharapkan pertempuran terus berlanjut. Namun dia menelepon pada Senin malam untuk segala kemungkinan yang harus dilakukan untuk menghentikan konflik paling dahsyat di Eropa sejak Perang Dunia II pada akhir 2023. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home