Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 12:38 WIB | Jumat, 06 Mei 2016

Pria Muslim Diprediksi Menangi Pemilihan Wali Kota London

Calon Walikota London dari Partai Buruh, Sadiq Khan (Foto: Alchetron.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Hasil pemilihan Walikota Inggris yang akan diumumkan hari ini diprediksi akan dimenangkan Calon Walikota London, Sadiq Khan dari Partai Buruh, hal itu dilaporkan Breitbart.com pada hari Jumat (6/5).

Menurut Laporan Breitbart.com, Pemilihan Walikota di seluruh Inggris merupakan tolok ukur keberhasilan partai oposisi termasuk pada pemilihan wali kota Ingris yang telah diatur sedemikian mungkin.

Beberapa perhitungan diharapkan akan menarik perhatian dari 45 juta pemilih yang berhak untuk memberikan suara mereka dalam pemilihan di Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara.

Hasil awal dalam pemilu lokal diharapkan muncul pada Jumat pagi waktu setempat, sedangkan hasil suara untuk walikota baru London untuk menggantikan tokoh konservatif Boris Johnson diharapkan lebih belakangan.

Khan dikenal sebagai politisi dan sebelumnya sebagai pengacara untuk bidang HAM. Sejak 2005 ia menjadi anggota parlemen wilayah Tooting, London.

Kakek dan neneknya bermigrasi dari India ke Pakistan pada 1947, sedangkan orang tuanya bermigrasi ke ke Inggris tak berapa lama sebelum ia lahir pada 8 Oktober 197 di rumah sakit St George di Tooting, London Selatan.

Almarhum ayahnya, Amanullah Khan, bekerja selama 25 tahun sebagai supir bus.Sedangkan ibunya, Sehrun, bekerja sebagai penjahit pakaian perempuan.

Dalam pemilihan wali kota London kali ini, ia dikontraskan dengan lawannya, Zac Goldsmith, seorang Yahudi, milarder pencinta lingkungan hidup.

Pemungutan suara ini dijuluki "Kamis Super" yang berlangsung setelah beberapa minggu saling serang paham politik antara Partai Konservatif dan Partai Buruh.

Pimpinan Partai Konservatif, David Cameron menyatakan partai berhaluan kiri punya masalah dengan anti-Semitisme setelah serangkaian anggotanya diskors karena membuat pernyataan kontroversial.

Sebagai informasi, Calon Walikota London, Sadiq Khan yang menganut Islam kemungkinan menjadi Walikota Muslim kedua di Eropa setelah terpilihnya Ahmed Aboutaleb menjadi Walikota Rotterdam di Belanda.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home