Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:57 WIB | Jumat, 26 Maret 2021

Pria Yang Membunuh 10 Orang di Colorado Kelahiran Suriah

Ahmad Al Aliwi Alissa, 21 tahun, berpose untuk foto penjara di County di Boulder, Colorado, pada hari Selasa (23/3). (Foto: dok. AP)

COLORADO, SATUHARAPAN.COM-Ratusan pelayat berkumpul pada Rabu (24/3) malam dan menyalakan lilin untuk mengenang 10 orang yang ditembak mati di supermarket di kota perguruan tinggi Colorado, sementara pria berusia 21 tahun yang diduga mengamuk dengan menembak itu tampil di pengadilan pertamanya pada hari Kamis (25/3) pagi waktu setempat.

Pelaku yang bernama Ahmad Al Aliwi Alissa telah dipenjara karena penyelidikan pembunuhan sejak dia ditangkap di dalam supermarket King Soopers di Boulder pada hari Senin (22/3) dan dirawat di rumah sakit karena luka di kaki. Dia akan mendengar tuntutan yang dia hadapi dan hak-haknya sebagai tergugat, dan dia tidak akan dimintai pembelaan sampai nanti dalam proses peradilan.

 

Para pelayat menghadiri acara di Boulder County Courthouse pada hari Rabu (24/3) di Boulder, Colorado. Sepuluh orang, termasuk seorang petugas polisi, tewas dalam penembakan di toko kelontong King Sooper pada hari Senin. (Foto: dok. AFP)

 

Alissa terakhir terlihat diborgol dan digiring keluar supermarket oleh polisi. Dia telah melepas semua pakaian kecuali celana pendek sebelum ditahan. Sebuah senapan, rompi taktis hijau, dan pistol ditemukan di dalam toko kelontong, menurut pernyataan penangkapan.

Sementara sebagian besar proses pengadilan Colorado telah dilakukan melalui video selama pandemi, Hakim Distrik Thomas Francis Mulvahill memerintahkan Alissa untuk hadir di hadapannya di pengadilan, kecuali Alissa melepaskan haknya untuk tampil secara langsung secara tertulis. Ruang sidang akan ditutup untuk umum.

Menyalakan Lilin

Lebih dari 500 orang yang mengenakan jaket musim dingin dan topi wol menghadiri acara menyalakan lilin di pusat kota pada hari Rabu malam untuk berduka atas para korban dan menghibur satu sama lain. Mereka mengamati beberapa saat hening; suara biola menenangkan kerumunan; seorang perempuan menyanyikan lagu "Ave Maria" saat lilin menyala di udara terbuka. Lampu berbentuk bintang yang biasanya dinyalakan untuk liburan bersinar di gunung yang menghadap ke lapangan.

Michele Weiner-Davis, seorang terapis keluarga Boulder, mengatakan, "Apa pun yang Anda rasakan, apa pun yang Anda pikirkan, tidak peduli betapa tidak nyamannya, itu benar-benar alami," kata Weiner-Davis. “Bersabarlah dengan dirimu sendiri. Selain itu, sama-sama berbelas kasih dengan orang-orang dalam hidup Anda yang mungkin juga sedang berjuang. ”

Selain Petugas Eric Talley, 51 tahun, korban lainnya adalah Denny Stong, 20 tahun; Neven Stanisic, 23 tahun; Rikki Olds, 25 tahun; Tralona Bartkowiak, 49 tahun; Suzanne Faountain, 59 tahun; Teri Leiker, 51 tahun; Kevin Mahoney, 61 tahun; Lynn Murray, 62 tahun; dan Jodi Waters, 65 tahun. Leiker, Olds dan Stong bekerja di supermarket.

Seorang karyawan supermarket mengatakan kepada AP bahwa dia menyaksikan penyerang melepaskan tembakan dan nyaris lolos dari perhatiannya saat bergabung dengan orang lain dalam perjuangan putus asa untuk melarikan diri.

Mobil polisi yang diparkir di luar Departemen Kepolisian Boulder ditutupi dengan karangan bunga sebagai penghormatan setelah seorang petugas menjadi salah satu korban penembakan massal di toko kelontong King Soopers hari Selasa (23/3), di Boulder, Colorado. (Foto: dok. AP)

 

Tersangka Kelahiran Suriah

Berdasarkan keterangan tertulis penangkapan, tersangka membeli pistol Ruger AR-556 - yang menyerupai senapan AR-15 dengan stok yang sedikit lebih pendek, pada 16 Maret, enam hari sebelum penyerangan. Pihak berwenang belum mengungkapkan di mana senjata itu dibeli.

Menurut dua aparat penegak hukum, Alissa lahir di Suriah pada tahun 1999, beremigrasi ke Amerika Serikat saat masih balita dan kemudian menjadi warga negara AS. Dia harus menjadi warga negara untuk bisa membeli senjata. Para pejabat tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka dan berbicara dengan AP tanpa menyebut nama.

Senjata AR-15 ditemukan di dalam supermarket dan diyakini telah digunakan dalam serangan itu, kata seorang pejabat penegak hukum yang menjelaskan tentang penembakan yang tidak berwenang untuk berbicara kepada publik. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home