Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 17:35 WIB | Jumat, 15 November 2013

Proyek MRT Mulai Tahap Persiapan

Jokowi saat meresmikan pembangunan MRT pada 10 Oktober 2013. (Foto: dok.satuharapan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Setelah Groundbreaking pada 10 Oktober lalu, pembangunan proyek MRT Jakarta kini mulai masuk tahap persiapan di sepanjang koridor Sisingamangaraja dan Sudirman. Tahap dimulai dengan pekerjaan penebangan dan relokasi pohon hingga 23 Desember 2013.

Lokasi koridor utama nantinya di ujung Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Sudirman, koridor selanjutnya akan terletak di depan Ratu Plaza, depan Istora Senayan, dan Bendungan Hilir, serta Setiabudi.

Pohon yang ditebang ada disepanjang jalur pemisah antara jalur lambat dan jalur cepat sepanjang Sisingamangaraja – Sudirman, dimulai dari jalur transisi pada ujung jalan Sisingamangaraja dekat Monumen Pemuda Membangun, sampai dengan wilayah Setiabudi Jalan Jenderal Sudirman.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta menanggapi masalah kekhawatiran masyarakat akan berkurangnya ruang terbuka hijau (RTH) akibat penebangan pohon dalam proyek MRT. “Kalau masih ada lahan di situ, ya akan ditanam di situ, kalau tidak ada mungkin cari lahan lain disekitarnya,” kata Gubernur.

“Satu pohon diganti 10, kalau 10 pohon diganti 100,” ujar Jokowi di Balai Kota, Jumat (15/11).

Direktur Utama PT. MRT Jakarta, Dono Boestami menjelaskan bahwa penebangan dan relokasi pohon ini dilakukan untuk menyiapkan lokasi sebelum dilakukannya pembongkaran jalur hijau untuk pelebaran jalan, pelaksanaan kegiatan Test Pit, serta relokasi fasilitas umum lainnya.

Selain itu, penebangan dan relokasi pohon juga dilakukan sebagai bentuk persiapan relokasi Halte Bus TransJakarta, dan nantinya akan dilaksanakan pekerjaan struktur permanen untuk stasiun bawah tanah.

“Proses penebangan dan relokasi pohon di sepanjang koridor Sisingamangaraja – Sudirman merupakan langkah menuju pekerjaan besar dan permanen terkait penggalian dalam rangka pembangunan stasiun bawah tanah yang akan dimulai pada kwartal pertama tahun depan,” Jelas Dono.

Dono menambahkan titik-titik yang perlu menjadi perhatian bagi masyarakat pengguna Jalan Sudirman adalah jalur transisi di ujung jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Sudirman, lokasi utama penebangan pohon yaitu di depan Ratu Plaza, depan Istora Senayan, Bendungan Hilir, serta Setiabudi

Dilakukan Malam Hari

Lebih lanjut Dono Boestami menjelaskan bahwa untuk menghindari dampak yang luas terhadap lalu lintas jalan Sudirman, pekerjaan ini akan dilakukan malam hari mulai pukul 22.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB.

Untuk pekerjaan yang dilakukan di lajur Bus TransJakarta, pekerjaan dimulai pukul 23.00 sampai pukul 05.00 setiap harinya. Sedangkan untuk hari Minggu, pekerjaan akan diakhiri pada pukul 04.00 agar tidak mengganggu kegiatan Car Free Day di lokasi tersebut.

“Kami menyadari bahwa kegiatan ini akan berdampak pada lalu lintas. Oleh karena itu kita melakukannya di malam hari pada saat kondisi lalu lintas tidak terlalu padat. Meskipun demikian, rekayasa lalu lintas tetap akan dilakukan seperlunya di bawah koordinasi Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta,” jelas Dono Boestami.

Manajemen MRT Jakarta juga meminta agar pengguna Jalan Sudirman yang melintas pada waktu pelaksanaan pekerjaan tersebut agar tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu serta arahan dari petugas lalu lintas di lokasi tersebut.  “Kami bersama-sama dengn Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya akan berusaha memastikan agar hak pengguna jalan selalu diperhatikan, terutama terkait masalah kenyaman dan keamanan berkendara,” himbau Dono.
 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home