Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 15:12 WIB | Minggu, 27 April 2014

Putri Suryadharma Ali Jadi Wakil Rakyat Serang dan Cilegon

Peta perolehan suara di daerah pemilihan Banten II, yang meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. (Sumber: KPU)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Daerah pemilihan (dapil) Banten II yang meliputi Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon, kemungkinan besar akan mengirim nama putri Suryadharma Ali, Kartika Yudhisti (PPP), menuju Gedung DPR RI sebagai wakil rakyat periode 2014-2019.

Prediksi tersebut didapat setelah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Banten menyampaikan hasil rekapiltuasi penghitungan suaranya kepada KPU Republik Indonesia (KPU-RI), Sabtu (26/4).

Selanjutnya, dari hasil rekapiltuasi penghitungan suara yang dilaporkan KPUD Provinsi Banten kepada KPU-RI, kemungkinan akan meloloskan Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Golkar, nomor urut dua, Yayat Y Biaro (Golkar), sebagai caleg wajah baru di DPR-RI dari dapil Banten II, selain Kartika Yudhisti.

Sebenarnya, masih terdapat caleg  wajah baru dari dapil Banten II yang akan berada di Senayan lima tahun mendatang, namun sosok mereka bukan penghuni anyar gedung wakil rakyat. Karena pada Pemilu 2009, kedua nama ini menjadi penyambung aspirasi rakyat dari dapil lain, dengan kalimat lain, pada Pemilu 2014 ini mereka “pindah dapil”.

Kedua nama caleg “pindahan” yang kemungkinan melenggang ke Senayan dari dapil Banten II ialah, salah satu korban penculikan aktivis pada 1998  nan pindah dari dapil Kalimantan Timur, Desmond Junaidi Mahesa (Gerindra), dan sosok yang dituduh aktivis LSM Indonesia Mandiri sebagai makelar izin pengelolaan hutan yang pindah dari dapil Lampung I, Yandri Susanto (PAN).

Sedangkan dua kursi tersisa terakhir, menjadi milik petahana Banten II, yaitu Anggota Komisi I DPR-RI, Ichsan Soelistio (PDIP), dan Anggota Komisi XI DPR-RI, Zulkieflimansyah (PKS).

Pupusnya Putra Rhoma Irama

Sebagai satu-satunya sosok artis, nan dihadirkan dapil Banten II, Vicky Rhoma Irama diprediksi gagal menjadi wakil rakyat tahun ini. Putra penyanyi dangdut yang adalah putra raja dangdut Indonesia, Rhoma Irama ini, harus menguburkan mimpinya, karena kemungkinan besar partai tempatnya bernaung, PKB, hanya mendapat dukungan tujuh persen suara, dari Banten II.

Terakhir, petahana dapil Banten II yang diperkirakan tidak terpilih kembali pada Pemilu 2014 ini adalah Wakil Walikota Cilegon (2004-2009), sekaligus Anggota Komis II DPR-RI (2009-2014), Rusli Ridwan (PAN)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home