Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:29 WIB | Jumat, 24 Juli 2020

Qatar dan Bahrain Tertinggi Kasus COVID-19 Per Kapita

Buruh migran di kota Doha, Qatar. (Foto: dok. Reuters)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Negara kecil, Bahrain dan Qatar, yang bertetangga memiliki tingkat infeksi virus corona per kapita tertinggi di dunia. Di dua negara Timur Tengah itu, epidemi COVID-19 pada awalnya tidak terdeteksi menyebar kamp-kamp yang menampung pekerja muda asing yang sehat, demikian sebuah penelitian menunjukkan.

Di Qatar, sebuah studi baru menemukan bahwa hampir 60 persen dari hasil tes positif tidak menunjukkan gejala sama sekali. Sedangkan di Bahrain, pihak berwenang menempatkan angka tanpa gejala bahkan lebih tinggi, yaitu 68 persen.

Hasil ini mencerminkan masalah yang lebih luas yang dihadapi oleh negara-negara Teluk Arab itu yang bergantung pada tenaga kerja asing murah, dan keberhasilan relatif mereka dalam melacak epidemi COVID-19, mengingat kekayaan minyak dan pemerintah otoriter mereka.

Pengujian yang agresif meningkatkan jumlah kasus yang dikonfirmasi ketika pejabat kesehatan di Bahrain dan Qatar menargetkan kamp dan lingkungan kerja, di mana pekerja migran dari Asia tidur, makan, dan hidup hingga belasan orang per kamar.

"Inilah sebabnya mengapa secara global kami gagal mengendalikan infeksi, menurut saya, karena hanya responsnya yang difokuskan pada upaya menemukan kasus dan mengisolasi mereka dan mengkarantina kontak mereka," kata Laith Abu-Raddad, seorang peneliti penyakit di Weill Cornell Medicine, Qatar.

"Sekarang, jika kebanyakan orang terkena infeksi sebenarnya menyebarkan infeksi tanpa menyadarinya, ini benar-benar tidak berhasil."

COVID-19 Menyebar di Kamp Pekerja Migran

Kedua negara sangat bergantung pada tenaga kerja asing. Qatar khususnya memulai boom konstruksi besar-besaran menjelang menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022. Virus itu menemukan sebuah rumah di tempat sempit tempat tinggal para pekerja asing yang berusaha menghemat uang agar bisa dikirim pulang ke rumah.

Di Qatar, hampir 30 persen dari mereka yang ditemukan terinfeksi berasal dari India, sementara 18 persen adalah Nepal, dan 14 persen dari Bangladesh, menurut sebuah studi oleh Abu-Raddad dan lainnya.

Dari lebih dari 6.000 kasus kontak yang dipublikasikan Bahrain, lebih dari 2.600 melibatkan warga negara India, sementara 1.310 adalah warga Bahrain dan 1.260 adalah warga Bangladesh. Lebih dari 400 berasal dari Pakistan, dan jumlah yang sama dari Nepal.

Angka-angka di Bahrain dan Qatar kemungkinan melintasi negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yang lebih luas, blok regional yang juga mencakup Kuwait, Oman, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, yang semuanya bergantung pada tenaga kerja asing yang sudah berpotensi terinfeksi.

Tingkat Infeksi Tinggi, Kematian Rendah

Qatar, dengan populasi 2,8 juta orang, telah melaporkan lebih dari 107.000 kasus virus corona dan 163 kematian. Bahrain, dengan populasi 1,6 juta, telah melaporkan lebih dari 37.000 kasus dan 130 kematian.

Yang mengejutkan, angka kematian di kedua negara tetap rendah, dengan Qatar di 0,15 persen dan Bahrain di 0,34 persen. Sementara angka kematian di AS sekitar 3,6 persen.

Baik Abu-Raddad dan Ghina Mumtaz, seorang peneliti penyakit di American University of Beirut, mengaitkan hal itu dengan populasi pekerja yang lebih muda di Bahrain dan Qatar.

"Jika Anda melihat tingkat fatalitas, Anda akan menyadari bahwa itu tidak menakutkan dibandingkan jika Anda hanya melihat angka jumlah kasus per kapita," kata Mumtaz.

Bahrain dan Qatar mengaitkan angka kasus tinggi dengan tingkat pengujian per kapita terbaik di dunia.

Bahrain mengatakan "strategi pengujian pre-emptive pemerintah berarti bahwa sebagian besar kasus diidentifikasi sebelum pengembangan gejala." Pihak berwenang di sana juga memindahkan 8.000 pekerja ke akomodasi baru, perumahan yang didesinfeksi dan menerapkan aturan yang mewajibkan tidak lebih dari lima pekerja per kamar, dengan ruang masing-masing sekitar tiga meter persegi.

“Karena ambang batas rendah kami untuk pengujian, kami telah mengidentifikasi lebih banyak kasus virus tanpa gejala dan ringan dibandingkan banyak negara lain,” kata Qatar. Sekarang mandat maksimum empat buruh per kamar bersama dengan setidaknya enam meter persegi per penghuni.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home