Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 00:21 WIB | Minggu, 31 Juli 2016

Rahman Muchamad Gelar Pameran Tunggal "Operasi"

Rahman Muchamad Gelar Pameran Tunggal "Operasi"
Kurator pameran Kuss Indarto (kaus hitam) bersama Kepala TBY Diah Tutuko Suryandaru (batik hitam), Agung Tobing (batik lengan panjang), dan Garin Nugroho (baju putih) saat pembukaan pameran tunggal Operasi di ruang pamer TBY, hari Sabtu (30/7) malam. (Foto-foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)
Rahman Muchamad Gelar Pameran Tunggal "Operasi"
Lukisan panel berukuran 3 x 48 meter berjudul Carnival (acrylic on canvas, 2013) karya perupa Muchamad Operasi Rahman.

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 15 karya lukisan tunggal, dua karya seni instalasi (boat dan bola besar), dan 1 lukisan panel karya perupa Yogyakarta kelahiran Jember, Muchamad Operasi Rahman dipamerkan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), melengkapi sebuah karya instalasi besar berukuran 10 x 30 meter dengan media beragam kain perca di depan ruang pamer.

Pameran dengan tajuk Operasi seolah meneguhkan lebih jauh perjalanan Mohammad Operasi Rahman dalam konsep dan gagasan artistik dan estetik yang ingin dimuntahkan dan dioperasikan.

Kurator pameran Kuss Indarto dalam catatan sambutan pameran menjelaskan perjalanan karya Operasi Rahman yang banyak dipengaruhi oleh aktivitas pergerakan selama menjadi mahasiswa hingga menjelang reformasi tahun 1998.

Menurut Kuss Indarto, sebagai perupa yang lahir di Jember, Operasi Rahman mampu membaca realitas di masyarakat dan dituangkan dalam sebuah lukisan panel berjudul Carnival dengan ukuran 3 x 48 meter dengan penggambaran dinamika sosial, seni-budaya mulai dari Bali-Jember hingga Yogyakarta. Dia menambahkan bahwa karya ini menjadi salah satu kegilaan Operasi Rahman yang mampu merekam dan menuangkan kembali perjalanan hidupnya secara detail dalam sebuah karya.

Pameran yang akan berlangsung 30 Juli hingga 8 Agustus 2016 dibuka oleh sineas senior Garin Nugroho bersama kolektor seni Agung Tobing, dan Kepala Taman Budaya Yogyakarta Diah Tutuko Suryandaru, hari Sabtu (30/7) malam di pelataran TBY dengan dihadiri banyak seniman-perupa Yogyakarta dan masyarakat pecinta seni.

Selama pameran pengunjung diberikan kesempatan untuk merespon dengan membuat karya fotografi. Karya fotografi yang mengutamakan suasana dan karya dalam pameran "Operasi" dapat diikutsertakan dalam lomba dengan mengunggahnya di Instagram lewat hastag #operasirahman. Panitia menyediakan hadiah menarik untuk tiga foto terbaik, yang dipotret hingga tanggal 8 Agustus 2016.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home