Loading...
INSPIRASI
Penulis: Katherina Tedja 07:30 WIB | Kamis, 07 Januari 2016

Raihlah yang Baru

Kita baru bisa meraih yang baru, jika kita melepaskan yang lama.
Fajar menyingsing (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Judul di atas selengkapnya adalah ”Lepaskanlah… dan Raihlah yang Baru”. Karena kita baru bisa meraih yang baru, jika kita melepaskan yang lama. Agar tangan kita bebas meraih apa pun juga, maka tangan kita harus dibebaskan dari kesibukannya menggenggam sesuatu….

Ada yang bilang… hidup itu seperti kumparan… kita tidak pernah keluar dari lingkaran nasib yang itu-itu juga. Ketika mengucapkan selamat tinggal pada sebuah tahun yang sedang menuju pada akhirnya… ketika menapaki garis perbatasan menuju tahun yang baru… bukankah kita kerap merasakan déjà vu… bahwa kita pernah mengalaminya. Dan semua ini hanyalah pengulangan.

Ada pula yang bilang… hidup adalah garis lurus… Sekali kita menempuhnya… kita tidak dapat kembali pada langkah sebelumnya… sedetik pun tidak bisa…. Bahkan jika seisi dunia memundurkan pengukur waktunya bersama… itu hanya akan menjadi consensus. Pada kenyataannya… waktu berderap maju… selalu maju.

Bisa jadi hidup kita memang sebuah kumparan. Bisa jadi hidup bergerak melingkar…namun tidak pernah pada garis yang sama. Kumparan tersebut membawa kita makin tinggi… dan semakin tinggi.… Untuk membuktikannya, kita bisa menguraikan kumparan itu dan mendapatkan sebuah pangkal di satu sisi dan sebuah ujung pada sisi lainnya.

Waktu yang berlalu… dan kesempatan yang ada bersamanya tidak akan kembali… betapa pun kita menangisinya. Hal yang sama terjadi pula pada kepedihan masa lalu. Bagaimanapun itu sudah usai… yang kita miliki adalah bekas luka yang sedang di dalam perjalanannya menuju kesembuhan….

Karena itu, lepaskan luka itu… kesempatan yang terlewatkan itu… kepahitan itu… kenangan… dan masa lalu itu… dia tidak akan kembali…. Dan raihlah kesempatan baru pada tahun yang baru.

Lihatlah Sang Agung… Dia yang membentangkan daratan dan lautan… Dia yang menumbuhkan pepohonan dan meletakkan gunung serta segala sesuatu pada tempatnya yang paling tepat… Dia berdiri di sana… pada fajar pertama tahun yang baru… tangan-Nya terbuka lebar…

Kata-Nya: ”Selamat menjalani hidupmu yang baru… anugerah-Ku yang selalu baru menantikanmu di sana. Dan jangan takut…Aku juga ada di sana… untuk menjagamu dan melindungimu….”

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home