Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:58 WIB | Rabu, 09 November 2016

Raja Saudi Ingin Trump Ciptakan Stabilitas di Timur Tengah

Raja Arab Saudi, Salman. (Foto: AP)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM - Raja Saudi Salman mengucapkan selamat pada presiden terpilih Amerika Serikat dan menyatakan harapannya agar Donald Trump nanti bisa menciptakan stabilitas di kawasan Timur Tengah.

"Semoga yang mulia (Donald Trump) sukses dalam misinya meraih keamanan dan stabilitas di Timur Tengah dan di seluruh dunia," kata Salman dalam pesan ucapan selamat seperti dilaporkan kantor berita resmi Arab Saudi.

Raja Salman juga memuji hubungan yang "bersejarah dan erat antara dua negara yang bersahabat, bahwa kedua pihak sama bercita-cita untuk saling mengembangkan dan memperkuat".

Amerika Serikat dan Arab Saudi selama puluhan tahun menjalin kerja sama yang didasarkan pada pertukaran keamanan dari Amerika dan minyak dari Saudi.

Namun hubungan antara Riyadh dan Washington menjadi agak kurang harmonis selama Amerika Serikat dikuasai Partai Demokrat dengan kebijakan Presiden Barack Obama selama delapan tahun.

Para pemimpin Arab merasa Obama enggan terlibat dalam perang saudara di Suriah dan konflik regional lainnya di kawasan Timur Tengah.

Mereka juga khawatir Obama lebih condong pada saingan regional mereka, Syiah Iran, yang berada di sisi berlawanan dengan Arab Saudi yang Sunni dalam perang di Suriah dan Yaman.

Washington dan negara-negara besar lainnya telah mencapai kesepakatan, yang mulai berlaku pada bulan Januari, untuk mencabut sanksi internasional terhadap Iran sebagai jaminan Iran tidak mengembangkan senjata nuklir. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home