Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 14:29 WIB | Senin, 27 Juni 2016

Rapat Paripurna DPR Setujui Tito sebagai Kapolri

Suasana rapat paripurna. (Foto: Endang Saputra)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada hari Senin (27/6) ini menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan dan menyetujui calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri.

“Berdasarkan keputusan rapat pleno, Komisi III DPR-RI melalui pandangan fraksi-fraksi menyetujui untuk memberhentikan Jenderal Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri dan selanjutnya menyetujui mengangkat Komisaris Jenderal Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri,” kata pimpinan Komisi III DPR Bambang Soesatyo, saat membacakan laporan Komisi III dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Senin (27/6).

Menurut Bambang, Komisi III DPR-RI menyadari dan memahami bahwa kecakapan, integritas dan kompetensi calon Kapolri merupakan prasyarat mutlat untuk menjadi Kapolri.

“Atas dasar itu Komisi III DPR menyetujui untuk mengangkat calon Kapolri yang diusulkan Presiden RI, dengan harapan calon Kapolri terpilih sungguh-sungguh dapat dan mampu meningkatkan citra dan wibawa lembaga Polri sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam terpeliharannya keamanan dalam negeri,” kata dia.

Hasil pembahasan persetujuan pemberhentian dan pengangkatan calon Kapolri ditetapkan dalam rapat paripurna DPR pada hari ini untuk selanjutnya disampaikan kepada Presiden RI untuk disahkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Rapat paripurna pengesahan Tito sebagai Kapolri dipimpin Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Fadli Zon didampingi Ketua DPR Ade Komarudin, Wakil Ketua Taufik Kurniawan, Fahri Hamzah, dan Agus Hermanto.

Jumlah anggota yang hadir dalam paripurna 310 orang dari total anggota 558 anggota DPR. Jumlah itu telah memenuhi syarat (kuorum) untuk melanjutkan sidang paripurna.

“Apakah sidang menyetujui Komisaris Jenderal Tito Karnavian menjadi Kapolri?" Fadli Zon bertanya kepada peserta rapat paripurna yang langsung menjawab, “Setuju!”

Sebelumnya, calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian pada hari Kamis (23/6) menjalani proses uji kelayakan dimulai dari pukul 10.15 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB. Uji kelayakan merupakan komitmen Komisi III DPR dalam melakukan penilaian dan kesungguhan terhadap calon Kapolri.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home