Loading...
SAINS
Penulis: Wiwin Wirwidya Hendra 01:27 WIB | Rabu, 05 Juni 2013

Rayakan Hari Lingkungan Hidup dengan Konsumsi Sayuran Organik

Rayakan Hari Lingkungan Hidup dengan Konsumsi Sayuran Organik
Bahan-bahan sayuran 100 persen organik untuk menu Baby Spinach Salad, yang dipanen langsung dari perkebunan di Sukabumi, Jawa Barat. (Foto-foto: Elvis Sendouw)
Rayakan Hari Lingkungan Hidup dengan Konsumsi Sayuran Organik
Steamed White Asparagus, yang baik untuk program diet dan gaya hidup sehat.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali ditetapkan pada sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1972 di Stockholm, Swedia. Dari konferensi inilah, Hari Lingkungan Hidup Sedunia kemudian disepakati untuk diperingati setiap tanggal 5 Juni. 

Ada banyak cara memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia selain menjaga lingkungan tetap bersih dan hijau. Salah satunya yang menginspirasi adalah mulai mengonsumsi sayuran-sayuran organik. Dengan mengonsumsi sayuran organik, itu tandanya kita telah meminimalisasi penggunaan pestisida atau zat kimia pada lahan pertanian. 

Menikmati makanan organik juga bisa ditempuh dengan berbagai cara. Salah satunya adalah sajian salad. Seperti yang dihadirkan oleh chef asal Prancis, Gilles Marx, di Auroz Gourmet. Di restoran yang berlokasi di Menara Merdeka, Jakarta Pusat ini sang chef profesional ini ingin berbagi mengenai kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dengan bahan-bahan organik. 

Salah satu sajian yang ia presentasikan untuk memeringati Hari Lingkungan Hidup kali ini adalah Baby Spinach Salad yang dilengkapi dengan tomat ceri yang juga segar. Daun baby spinach yang terasa crispy dipadu dengan olive oil dan taburan roti di atasnya semakin membuat menu ini tidak hanya sehat tetapi juga lezat. 

Saus yang digunakan pun cukup minim olahan. Hanya menggunakan bawang putih, cuka putih, krim,  serta bumbu garam dan lada. Kandungan zat besi dalam daun baby spinach juga baik untuk tubuh. 

Di samping salad, chef Gilles juga merekomendasikan menu Steamed White Asparagus dengan saus Hollandaise yang terbuat dari campuran kuning telur, perasan jeruk lemon, dan air. Asparagus yang sarat dengan kandungan air, kemudian minim kandungan kalori juga paling sesuai untuk Anda yang ingin mulai menjalani gaya hidup sehat. 

Mengenai lingkungan, chef Gilles yang juga menangani AMUZ Gourmet di bilangan SCBD, Jakarta, menegaskan pentingnya kesadaran akan hidup sehat. Misalnya dengan bersepeda ke tempat kerja, mengonsumsi sayuran organik dan mulai menjalani gaya hidup vegetarian. 

Bagaimana cara Anda merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia hari ini?

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home