Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 16:16 WIB | Jumat, 15 Mei 2015

RI Jadi Ketua Komisi Organisasi Statistik Negara-negara Islam Dunia

Sasmito Hadi Wibowo (kiri), Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) dalam keterangan pers Indeks Ekspor dan impor pada Jumat (15/5) di Gedung Badan Pusat Statistik, Jl. Dr. Sutomo, Jakarta. (Foto: Prasasta WIdiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin terpilih sebagai wakil Indonesia untuk hadir di Organisation of Islamic Cooperation Statistical Commission (OIC-StatCom) yang sedang menyelenggarakan Kongres di Turki.

"Hari ini Kepala BPS kita, Pak Suryamin tidak bisa hadir karena menghadiri acara statistik di Turki yang juga dihadiri oleh 52 negara muslim," kata Sasmito Hadi Wibowo, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) dalam keterangan pers Indeks Ekspor dan impor pada Jumat (15/5) di Gedung Badan Pusat Statistik, Jl. Dr. Sutomo, Jakarta.

Sasmito Hadi menjelaskan bahwa dalam acara tersebut dia ditunjuk sebagai Ketua Komisi Statistik di 52 negara dengan mayoritas penduduk muslim tersebut.

SESRIC merupakan anak organisasi dari  Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menurut Resolusi No. 2/8-E diadopsi oleh Konferensi Kedelapan Islam Ekonomi dan Sosial Menteri Luar Negeri (ICFM), yang diselenggarakan di Tripoli pada Mei 1977.  Organisasi ini memulai kegiatannya setiap tahun di Ankara, Turki dan mengadakan kunjungan ke berbagai negara-negara dengan mayoritas Islam.

"Pak Suryamin sebagai Ketua Komisi Statistik mulai tahun ini sampai tahun depan. Kita patut berbangga," kata dia.

Tiga tugas pokok SESRIC antara lain menyusun, proses dan menyebarkan statistik sosial-ekonomi dan informasi dan untuk pemanfaatan negara-negara anggota.

  • Untuk mempelajari dan mengevaluasi perkembangan ekonomi dan sosial di negara-negara anggota OKI dan membantu menghasilkan proposal yang akan memulai dan meningkatkan kerjasama di antara negara tersebut.

 Untuk mengatur program pelatihan di bidang yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan dari negara-negara anggota serta tujuan umum dari Organisasi Kerjasama Islam.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home