Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:12 WIB | Sabtu, 14 Mei 2016

Rio Haryanto Harap Catat Waktu Lebih Baik di F1 Barcelona

Ilustrasi: Dua pebalap Formula 1 tim Manor Racing, Pascal Wehrlein (kiri) dan Rio Haryanto (kanan). (Foto: f1news.nl).

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM – Pebalap Formula 1 (F1) dari tim Manor Racing, Rio Haryanto, berharap mendapat catatan waktu yang lebih baik dari balapan sebelumnya dalam balap mobil F1 musim 2016 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, hari Minggu (15/5) malam WIB.  

“Sebuah awal yang baik dan saya berharap kami dapat meningkatkan lagi menjelang kualifikasi,” kata Rio setelah dia menyelesaikan sesi Latihan Bebas II di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, dan diberitakan situs resmi Manor Racing, manorf1team.com, hari Jumat (13/5).

Menurut situs situs resmi tim, manorf1team.com, dua pebalap Manor Racing, Rio Haryanto dan rekannya Pascal Wehrlein, berada di urutan yang tidak terlalu berbeda jauh.

Dalam sesi Latihan Bebas I Rio berada di urutan ke-21 dari 22 pebalap, Rio menyelesaikan 34 lap dengan 29,052 detik. Pebalap asal Surakarta tersebut di Latihan Bebas II mempertajam catatan waktunya ke satu menit 27,252 detik dan naik ke posisi 19.

Sementara Pascal Wehrlein di Latihan Bebas I menyelesaikan 29 lap dan berada di peringkat ke-20 dengan catatan waktu 28,084 detik. Pebalap asal Jerman itu mengalami peningkatan di Latihan Bebas II karena menggapai peringkat ke-18 dan menyelesaikan 40 lap dengan catatan waktu 26,960 detik.

Rio mengemukakan ada perubahan komponen balap yang menyebabkan dia dan Wehrlein mengalami peningkatan catatan waktu. “Di FP1 (Free Practice, Latihan Bebas I, Red) kami melaju dengan spesifikasi ban lama sebelum beralih ke ban baru di  FP2 (Free Practice, Latihan Bebas II, Red),” kata Rio.

“Mungkin kegembiraan ini hanya awal sehingga kami perlu untuk menyempurnakan  dengan lebih baik di sesi balapan di hari Minggu,” kata Rio.

Rio menambahkan sejauh ini dia senang dengan catatan waktu yang diraihnya. “Kami akan meminta penjelasan lagi kepada Direktur Teknik (Dave Ryan, Direktur Teknik Manor Racing, Red) tentang keseimbangan saat memasuki tikungan dan tingkat keausan ban,” kata Rio.

Rekan satu tim Rio, Pascal Wehrlein menyatakan optimisme serupa karena pebalap asal Jerman tersebut melihat ada beberapa tanda yang baik dari perubahan jenis ban yang digunakan. “Kami belum bisa ungkapkan lebih tentang perubahan ini,” kata Wehrlein.

Wehrlein mengemukakan permasalahan serupa yakni keseimbangan mobil yang diharap dapat dijaga selama perlombaan. Dalam kesempatan terpisah Direktur Teknik Manor Racing, Dave Ryan mengemukakan para pebalap diharap cepat beradaptasi dengan ban baru. “Kami optimistis perubahan akan membawa kemajuan bagi tim,” kata Ryan.

Jadwal F1 Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol

Dalam rangkaian balapan Formula 1 musim 2016 di Sirkuit Catalunya, Spanyol – menurut situs resmi Formula 1, formula1.com – para pebalap melakukan tiga sesi FP (Free Practice), dua sesi telah digelar hari Jumat (13/5), dan satu sesi FP di hari Sabtu (14/5). Tahap kualifikasi juga dilakukan hari Sabtu (14/5), sebelum hari Minggu (15/5) para pebalap menjalani sesi perlombaan. 

Dalam FP 1 pebalap tim Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, mencatatkan waktu tercepat yakni satu menit 23,951 detik, dia dapat melalui 22 lap.

Di urutan kedua, pebalap Ferrari lainnya asal Finlandia, Kimi Raikkonen, mencatatkan waktu tercepat kedua dengan torehan waktu 0,138 detik lebih lambat dari Vettel. Pebalap tim Mercedes, Nico Rosberg, menempati posisi ketiga dengan catatan satu menit 24,454 detik.

Namun dalam FP 2 giliran Nico Rosberg menyodok ke urutan teratas dengan torehan waktu satu menit 23,922 detik. Di urutan kedua ditempati Raikkonen dengan satu menit 24,176 detik.

Catatan Waktu  Rio dan Wehrlein di Balap F1 Seri Sebelumnya

Menurut situs resmi Formula 1, formula1.com, saat  balap Formula 1 di Sirkuit Sochi, Rusia pada Minggu (1/5) Rio Haryanto gagal masuk garis finish karena gagal menyelesaikan balapan, Rio tidak beruntung karena pebalap Indonesia tersebut tidak bisa melanjutkan balapan saat lap pertama belum selesai yang disebabkan kendaraan Rio mengalami kecelakaan dengan pebalap tim Force India, Nico Hulkenberg, di tikungan ketiga lap pertama. Sementara Pascal Wehrlein berada di peringkat ke-18 dan menyelesaikan 56 putaran, namun tidak mendapat poin.

Sebelumnya pada Minggu (17/4), di Sirkuit Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok, Rio menyelesaikan 55 dari 56 lap dan berada di urutan ke-21, sementara Pascal Wehrlein berada di urutan ke-18 dengan menyelesaikan 55 dari 56 lap.

Pada seri II hari mInggu (3/4), di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Rio menyelesaikan keseluruhan 56 lap namun berada di peringkat ke-17, dan belum mendapat poin. Sementara rekan setimnya, Wehrlein menyelesaikan jumlah lap yang sama, namun berada di urutan ke-13 tanpa mendapat poin.

Dalam seri perdana di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, hari Minggu (20/3), Rio Hariyanto hanya menyelesaikan 17 dari total 57 putaran dan gagal masuk garis finis, sementara rekannya Pascal Wehrlein berada di urutan ke-16 dengan 56 putaran namun tidak mendapat poin.   (manorf1team.com/formula1.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home