Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 22:18 WIB | Minggu, 15 Mei 2016

Rio Finish Terakhir di F1 Barcelona

Ilustrasi: Rio Haryanto (kanan) saat bersantai dengan beberapa ofisial Manor Racing, di sesi Latihan Bebas (Free Practice) di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, beberapa hari lalu. (Foto : akun fanpage Facebook Manor Racing).

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM – Pebalap Indonesia yang memperkuat tim balap mobil Formula 1 (F1) Manor Racing, Rio Haryanto menggapai posisi ke-17 dalam Balap Mobil F1 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, hari Minggu (15/5).

Seperti diberitakan situs resmi F1, formula1.com, Rio mencapai posisi terbawah dengan menyelesaikan 66 putaran, sementara rekan setimnya Pascal Wehrlein menempati urutan ke-16 juga dengan jumlah lap yang sama.

Sesuai dengan hasil di kualifikasi sehari sebelumnya, Rio memulai balapan dari posisi ke-22, sedangkan rekan setimnya, Wehrlein memulai satu posisi di atasnya.  

Hasil tersebut sedikit lebih baik bila dibandingkan  seri sebelumnya yakni  di Sirkuit Sochi, Rusia pada Minggu (1/5), kala itu pebalap asal Surakarta, Jawa Tengah tersebut gagal masuk garis finish karena gagal menyelesaikan balapan,  karena kendaraan Rio mengalami kecelakaan dengan pebalap tim Force India, Nico Hulkenberg.   Sementara Pascal Wehrlein berada di peringkat ke-18 dan menyelesaikan 56 putaran, namun tidak mendapat poin.

Verstappen Catat Kegemilangan

Dalam balapan tersebut pebalap tim Red Bull Racing asal Belanda, Max Verstappen mencatat kegemilangan karena untuk kali pertama pebalap berusia 18 tahun tersebut memenangi seri balapan profesional F1.

Verstappen memenangi F1 seri Catalunya, Spanyol dengan mencatatkan waktu satu jam 41 menit 40,017 detik, Verstappen unggul atas dua pebalap tim Ferrari, Kimi Raikonnen dan Sebastian Vettel yang ada membuntuti di urutan kedua dan ketiga.

Dalam balapan tersebut,  pebalap tim Mercedes yang berhasil menjuarai empat balapan seri sebelumnya, Nico Rosberg gagal melanjutkan lomba karena kendaraannya bertabrakan dengan rekan setimnya,  Lewis Hamilton di beberapa lap awal.  

Kedua pebalap  gagal melanjutkan lomba, karena mobil yang mereka kendarai dalam keadaan rusak.

Hasil klasemen sepuluh besar  balap mobil F1 sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol:

  1. Max Verstappen (tim Red Bull Racing).
  2. Kimi Raikkonen (Ferrari).
  3. Sebastian Vettel (Ferrari).
  4. Daniel Ricciardo (Red Bull Racing).
  5. Valterri Bottas (Williams).
  6. Carlos Sainz (Toro Rosso).
  7. Sergio Perez (Force India). 
  8. Felipe Massa. (Williams).
  9. Jenson Button. (McLaren).
  10. Daniil Kvyat.  (Toro Rosso).

(formula1.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home