Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 19:41 WIB | Minggu, 12 Juni 2016

Rio Tunggu Saran Dokter Apakah Berpuasa Saat Balapan

Dua pebalap Formula 1 tim Manor Racing, Pascal Wehrlein (kiri) dan Rio Haryanto (kanan). (Foto: f1news.nl).

MONTREAL, SATUHARAPAN.COM – Pebalap mobil Formula 1 (F1) dari Indonesia, Rio Haryanto menunggu saran dokter apakah dia tetap menjalankan ibadah puasa saat mengikuti lomba di GP F1 di Sirkuit Gilles Villenueve, Montreal, Kanada, hari Minggu (12/6)siang.

Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett mengakui ada kekhawatiran jika Rio berpuasa maka kekurangan makanan dan cairan dapat mempengaruhi konsentrasi pebalap berusia 23 tahun itu.

Hunnisett menjelaskan bahwa apakah Rio akan berpuasa atau tidak saat berlomba nanti tergantung dari perhitungan tim dan analisa kesehatannya.

“Ini adalah masalah keselamatan. Balapan yang panjang dan ada kekhawatiran dehidrasi, kami tidak ingin dia kehilangan konsentrasi saat dia mengemudi di kecepatan 350 kmh, tapi kami akan melihat nasihat dari dokter tim,” kata Piers Hunnisett, seperti diberitakan The Straits Times, hari Minggu (12/6).

Rio sebagai Muslim tetap menjalankan kewajiban berpuasa selama sepekan ini. “Rio berpuasa selama sepekan ini tetapi tim dan kondisinyalah yang akan memutuskan apakah hari Minggu nanti tetap berpuasa," kata Hunnisett kepada hari Sabtu (11/6). "Hari Senin dia pasti puasa lagi," tambah dia.

Balap Mobil F1 Seri Sirkuit Gilles Villeneuve terbagi dalam beberapa sesi, antara lain sesi Latihan Bebas Pertama yang berlangsung Jumat (10/6) malam WIB, kemudian disusul Latihan Bebas Kedua yang berlangsung Sabtu (11/6) dini hari WIB, sesi latihan bebas ketiga berlangsung  di hari yang sama pada malam harinya.

Sesi Kualifikasi telah berlangsung hari Minggu (12/6) dini hari WIB, sebelum akhirnya pebalap berlomba di sesi balap yang berlangsung hari Senin (13/6) dini hari WIB.

Dalam sesi latihan bebas pertama, Rio menempati posisi ke-18 dengan catatan waktu satu menit 18,103 detik. Rio mampu mempertajam catatan waktunya menjadi satu menit 17,423 detik dalam latihan bebas kedua. 

“Saya melihat penggemar F1 di Indonesia sangat besar dan pemerintah menyukainya. Dia melakukan pekerjaan yang baik dan mudah-mudahan Rio berada di tim ini untuk jangka panjang. Dia telah mengejutkan banyak orang,” kata Hunnisett. (straitstimes.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home