Loading...
MEDIA
Penulis: Melki Pangaribuan 02:42 WIB | Rabu, 16 Maret 2016

Rizal Ramli Minta Google Kembangkan Aplikasi Bantu Nelayan

CEO Project Loon Google Mike Cassidy. (Foto: theguardian.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, meminta Google mengembangkan aplikasi seluler untuk membantu para nelayan Indonesia.

"Kami minta secara khusus agar mengembangkan aplikasi yang bermanfaat buat nelayan," kata Rizal usai menerima CEO Project Loon Google Mike Cassidy di Jakarta, hari Selasa (15/3).

Mantan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu, meminta perusahaan jasa dan produk internet tersebut mengembangkan aplikasi cuaca, area tangkapan, hingga pasar ikan yang bisa diakses nelayan.

Pengembangan aplikasi untuk nelayan itu, diharapkan juga dapat didukung dengan implementasi proyek balon internet yang akan diujicobakan Google di Indonesia, yakni Project Loon.

"Nelayan kita susah, mereka susah tidak bisa komunikasi di laut kecuali mereka beli telepon satelit. Itu kan mahal banget," katanya.

Dengan dikembangkannya Project Loon sebagaimana aplikasi seluler pendukungnya, Rizal berharap nelayan nantinya bisa mendapatkan info tentang cuaca, info area tangkapan, serta dapat menjual hasil tangkapannya secara langsung.

"Jadi akan meningkatkan trade (perdagangan)," ujarnya.

Proyek balon internet yang rencananya diujicobakan selama satu tahun di kawasan timur Indonesia itu, kata Rizal, dipastikan akan dimulai tahun ini.

"Google minta akan coba proyek ini satu tahun. Setelah setahun, kita akan diskusikan dengan operator Indonesia. Wilayahnya kita fokus di kawasan Indonesia timur," katanya.(Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home