Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:10 WIB | Sabtu, 01 Februari 2014

Robert Marchand, Pesepeda Tertua yang Mencetak Rekor Dunia

Robert Marchand, 102 tahun, pesepeda tertua yang bersepeda untuk memecahkan rekornya sendiri di dunia untuk kategori usia di atas 100 tahun pada Jumat (31/1) di Montigny-le-Bretoneux, Prancis. (Foto: ESPN)

SAINT-QUENTIN-EN-YVELINES, SATUHARAPAN.COM – Usia lanjut tak menghambat pesepeda tertua, Robert Marchand, untuk memecahkan rekor dunia yang ia ciptakan. Pria Prancis berusia 102 tahun itu memecahkan rekornya untuk kategori usia di atas 100 tahun pada Jumat (31/1).

Ia bersepeda sejauh 26.927 kilometer dalam satu jam, sekitar 2.5 kilometer lebih baik dari catatan waktunya dua tahun lalu.

ESPN pada Jumat (31/1) membandingkan rekor Marchand dengan rekor dunia saat ini untuk satu jam yang diraih Ondrej Sosenka. Pesepeda Republik Cheska itu bersepeda sejauh 49.700 kilometer dalam satu jam pada 2005.

Marchand, pensiunan pemadam kebakaran dan penebang kayu itu, juga memegang rekor untuk orang di atas usia 100 tahun yang bersepeda sejauh 100 kilometer. Ia menyelesaikannya selama empat jam, 17 menit dan 27 detik pada 2012.

Marchand menerima apresiasi dan dikerumuni puluhan fotografer serta juru kamera di garis akhir France’s New National Velodrome, sebuah kompleks berharga $100 juta yang baru dibuka pada Kamis (30/1).

Ia tersenyum dan mengangkat tangannya pada garis akhir, didukung dua orang asistennya.

Ia mengatakan bahwa ia tidak akan mampu melakukannya tanpa dukungan masyarakat.

“Kalian harus tahu ada orang-orang yang menempuh 600 kilometer untuk melihat saya hari ini. Ini sangat menakjubkan. Itu saja yang bisa saya katakan,” kata Marchand. (ESPN)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home