Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 05:23 WIB | Sabtu, 10 Mei 2014

Rombongan Terakhir Pemberontak Tinggalkan Homs

Warga kembali ke kota Horms untuk melihat apa yang tersisa dari rumah mereka. (Foto: bbc.co.uk)

HOMS, SATUHARAPAN.COM - Rombongan pemberontak terakhir telah meninggalkan kota Homs, Suriah, Jumat (9/5). Mereka menyerahkan kemenangan simbolis kepada Presiden Bashar al Assad di lokasi yang pernah dijuluki ibu kota revolusi.

Selama dua tahun para pemberontak berjuang untuk terus mengepung pasukan pemerintah di teluk, tetapi pasukan Assad mengokohkan kontrol mereka terhadap kota tersebut dalam perang sipil berdarah yang melanda negara itu selama lebih dari tiga tahun.

Pada Kamis, sekitar 1.000 pemberontak meninggalkan Kota Tua Homs di bawah negosiasi evakuasi yang dimulai sehari sebelumnya, menurut data yang diberikan gubernur provinsi Talal Barazi kepada AFP.

Di distrik Khaldiyeh yang dikuasai rezim, tidak jauh dari Kota Tua, 250 pemberontak terakhir menunggu untuk dievakuasi ke Dar al Kabira, Jumat. Operasi tersebut awalnya dijadwalkan rampung Kamis malam.

"Selama beberapa jam berikutnya, kami akan menyelesaikan masalah logistik dan menyelesaikan operasi sehingga mereka bisa sampai ke tujuan mereka," kata Barazi kepada AFP, Jumat.

"Mereka tidur di dalam bus atau di luarnya, dan kami telah memberikan mereka makanan, minuman dan rokok," tambahnya.

Sedikitnya 1.630 orang, sebagian besar pemberontak, telah meninggalkan Kota Tua sejak Rabu di bawah kesepakatan yang dicapai antara pihak rezim dan pemberontak.

Penarikan tersebut membuat ruang gerak pemberontak terbatas di satu distrik di pinggiran kota yang pernah dianggap sebagai sebuah benteng pemberontakan.

Warga sipil mulai kembali ke Kota Tua Horms pada hari Jumat, mereka menemukan apa yang tersisa dari rumah mereka, laporan mengatakan.
 
Seorang wanita muncul dari rumahnya membawa setumpuk album foto. "Tidak ada yang tersisa, jadi untuk mengingat aku membawa foto-foto ini,'' kata dia kepada Associated Press. "Rumah saya hancur." (AFP)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home