Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 07:50 WIB | Rabu, 25 November 2015

Rosan Roeslani Terpilih Jadi Ketua Kadin Indonesia 2015-2020

Rosan Perkasa Roeslani (kiri) tatkala masih jadi calon, menyerahkan berkas persyaratan kepada Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, hari Senin (16/11). (Foto: Melki Pangaribuan)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM -  Rosan P Roeslani terpilih menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia periode 2015-2020 hasil pemilihan dalam Musyawarah Nasional ke-7 di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa malam.

Posisi nomor satu Kadin Indonesia itu diperebutkan dua calon yakni pengusaha senior Rachmat Gobel dan Rosan P Roeslani dengan jumlah hak pilih sebanyak 132 terdiri dari tiga pemilih dari masing-masing 34 Kadin daerah dan 30 pemilih dari asosiasi.

Hasil pemilihan ketua umum tersebut Rosan meraih suara sebanyak 102 suara, sedangkan Rachmat Gobel hanya memperoleh 27 suara dari total 129 suara.

Pemilihan Ketua Umum Kadin tersebut berlangsung hampir pukul 23.00 WIB, yang selanjunya akan dilakukan pemilihan formatur kepengurusan organisasi.

Kemenangan Rosan tersebut disambut meriah oleh pendukungnya sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam ruangan sidang pemilihan.

Selama pemilihan itu, seluruh wartawan dilarang melakukan peliputan di dalam ruangan.

Wartawan diperbolehkan menyaksikan pelaksanaan pemilihan tersebut melalui layar televisi di ruang khusus media center yang disediakan panitia.

Profil Rosan Perkasa Roeslani

Pria 46 tahun ini adalah lulusan Administrasi Bisnis dari Amerika Serikat dan MBA untuk bidang International Business Management di Antwerpen European University di Belgia. Rosan meraih gelar itu dengan predikat cum laude.

Pada 2002, Di sektor finansial, Perusahaannya Recapital hadir melalui Recapital Securities, Recapital Asset Management, Global Sarana Lintas Artha, Recapital Life Insurance (Relife), Recapital General Insurance (Reguard), Bank Pundi. Selain itu, menjadi salah satu pemilik Bank Kesejahteraan Ekonomi dan Capitalinc Investment.

Di bidang infrastruktur perusahaan Rosan menjadi salah satu yang terdepan di Indonesia melalui Acuatico Group dalam penyediaan dan distribusi air bersih. Melalui lengan bisnis Aetra Air Indonesia, Acuatico hadir di Jakarta dan Tangerang.

Acuatico juga menjadi penyuplai air bersih untuk Ho Chi Minh City. Acuatico juga menyediakan infrastruktur air terpadu khusus untuk memasok air minum di kompleks Rasuna Epicentrum dengan nama Rasuna Eco Park.

Di bidang properti, Rosan melalui Recapital memiliki Grandkemang Hotel di kawasan elit Jakarta, Losari Spa Retreat – Coffee Plantation Hotel di Jawa Tengah, The Edge Villa di Uluwatu dan The Hill Resort di Ubud. Paling gres adalah Pulau Karang Beras di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Di bidang Media dan Telekomunikasi, Recapital memiliki Alberta Media. Selain itu, Recapital merupakan pemegang saham PT Mahaka Media, perusahaan penerbitan surat kabar, majalah, papan reklame, animasi, jaringan radio, portal, dan bisnis teknologi informasi.

Pada sektor pertambangan, nama Recapital muncul sebagai salah satu pemegang saham Bumi Plc. Salah satu anak perusahaannya adalah Bumi Mineral Sumber Daya (BRM), sebuah perusahaan pertambangan yang memproduksi logam mulia dan logam dasar.

Kesibukan mengelola bisnis mendorong Rosan aktif dalam bidang organisasi. Rosan bergabung dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Usia dan pengalaman membawanya terpilih menjadi pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) periode 2010-2015.

Sesuai bidang keahliannya, Rosan dipercayakan sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Perbankan dan Finansial. Salah satu karya nyata Rosan adalah berdirinya PT Palapa Nusantara Berdikari, perusahaan pembiayaan UKM-UKM potensial di seluruh Nusantara.

Sebelum Munas, Rosan mengklaim telah mendapatkan dukungan dari sekitar 11 perwakilan Kadin provinsi seperti Kadin di Sumatera, Sulawesi Utara, dan Papua. Selain itu, pencalonan dirinya juga mendapat dukungan dari 22 asosiasi dunia usaha di Indonesia. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home