Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:02 WIB | Rabu, 13 Juli 2016

Rouseff Masih Dapat Lolos dari Pemakzulan

Ilustrasi: Dilma Rouseff. (Foto: AFP)

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM – Presiden nonaktif Brasil Dilma Rousseff masih bisa lolos dari mosi pemakzulan, menurut pernyataan mantan presiden Luiz Inacio Lula da Silva, Selasa (12/7).

Lula, pemimpin sayap kiri paling terkemuka di Brasil, mengatakan  masih ada harapan bagi Rousseff meski selama beberapa bulan terakhir ia didesak untuk dilengserkan.

Pemungutan suara di majelis rendah dan tinggi Brasil sebelumnya berhasil menyeret Rousseff untuk menjalani persidangan atas dugaan pelanggaran undang-undang anggaran dan ia menuding kasus tersebut sebagai kudeta.

Namun, dalam sidang akhir di Senat (majelis tinggi) pada 25-27 Agustus mendatang, jumlah suara harus mencapai dua per tiga dari total jumlah senator dan hasilnya diperkirakan jauh dari batas yang ditentukan.

“Untuk lolos dari pemakzulan akan lebih mudah dari sebelumnya,” kata Lula.

Lula pernah menjabat sebagai presiden pada  2003-2010 dan merupakan pendiri Partai Pekerja, yang menjadi partai penguasa selama 13 tahun terakhir.

Lula mengatakan Rousseff (68) perlu menggalang dukungan dari beberapa senator lain agar luput dari pemakzulan. “Dilma hanya memerlukan enam suara lagi,” kata dia.

Senat harus memperoleh minimal 54 suara dari total 81 senator agar Rousseff dapat dimakzulkan. Jika hal itu terjadi, Michel Temer, yang kini menjabat sebagai presiden sementara, akan tetap berkuasa hingga pemilu pada 2018.

Jika pemungutan suara gagal, Rousseff akan kembali memerintah. Namun, popularitasnya sudah sangat rendah karena ia dituding bertanggung jawab atas resesi ekonomi, korupsi yang merajalela dan krisis politik berkepanjangan. (Ant/AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home