Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:29 WIB | Rabu, 17 Mei 2023

Putin Anggap Peting Peringatan 9 Mei, Tapi Apa Yang Terjadi?

Tentara Rusia ikut serta dalam parade militer pada Hari Kemenangan, yang menandai peringatan 78 tahun kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua, di Rostov-on-Don, Rusia, 9 Mei 2023. (Foto: Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan kepada orang-orang Rusia pada hari Selasa (9/5)  bahwa dunia berada pada titik balik utama dan mereka terlibat dalam perjuangan patriotik untuk masa depan negara mereka, karena negara tersebut menandai peringatan kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua (PD II).

“Saat ini, peradaban kembali berada pada titik balik yang menentukan. Perang nyata telah dilancarkan melawan tanah air kita. Kita telah memukul mundur terorisme internasional, kami akan melindungi penduduk Donbas, kami akan memastikan keamanan kita,” kata Putin saat negara itu memperingati kemenangan atas Nazi Jerman dalam PD II.

Dalam pidato 10 menit di Lapangan Merah, Putin mengulangi pesan akrab yang telah dia sampaikan berkali-kali selama hampir 15 bulan invasi Rusia di Ukraina.

Dia mengatakan "elite globalis Barat" menabur Russophobia dan nasionalisme agresif, sementara orang-orang Ukraina telah menjadi "sandera kudeta negara" dan ambisi Barat.

Dia tidak membahas tantangan yang dihadapi Rusia saat pasukannya mempersiapkan serangan balasan besar yang diharapkan oleh Ukraina, atau menguraikan jalan menuju kemenangan.

Pidato tersebut, diikuti oleh parade militer besar-besaran melintasi Lapangan Merah, berlangsung menyusul gelombang serangan di dalam Rusia bulan ini,  termasuk serangan pesawat tak berawak di benteng Kremlin itu sendiri kurang dari sepekan yang lalu.

Namun, apa yang diperingati Rusia pada hari Selasa itu dan mengapa itu penting bagi Presiden Vladimir Putin.

Apa Yang Spesial dari Tanggal 9 Mei?

Bagi orang Rusia, Selasa tanggal 9 Mei menandai peringatan 78 tahun kemenangan Uni Sovyet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua. Uni Soviet, yang saat itu tidak hanya mencakup Rusia tetapi juga Ukraina, Belarusia, dan lainnya, kehilangan 27 juta orang dalam apa yang disebut orang Rusia sebagai Perang Patriotik Hebat,” lebih banyak korban daripada negara lain mana pun.

Mengapa Itu Tetap Penting Sekarang?

Hari Kemenangan adalah salah satu hari libur nasional terpenting di Rusia. Bagi Putin, ini adalah kesempatan untuk memproyeksikan kepada rakyatnya citra Rusia sebagai negara pemenang yang kuat, berdiri di sisi kanan sejarah dalam mengalahkan fasisme.

Dia telah berulang kali menyamakan perang di Ukraina, di mana pasukannya melancarkan invasi skala penuh pada Februari tahun lalu, dengan tantangan memerangi Adolf Hitler. Ukraina dan sekutu Baratnya mencela itu sebagai narasi palsu untuk membenarkan perampasan tanah Ukraina, penghancuran kota, kematian puluhan ribu orang, dan penciptaan jutaan pengungsi.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, mengatakan pada hari Senin (8/5) bahwa Rusia modernlah yang sekarang mengejar tujuan Nazi untuk "memperbudak dan menghancurkan".

Kapan Hari Kemenangan Pertama?

Penyerahan tanpa syarat Nazi Jerman mulai berlaku pada pukul 23:01 tanggal 8 Mei 1945, yang ditandai sebagai "Hari Kemenangan di Eropa" oleh Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat. Di Moskow yang berada di belahan bumi timur, itu sudah tanggal 9 Mei, yang menjadi "Hari Kemenangan" Uni Soviet.

Pemimpin Uni Soviet ketika itu, Josef Stalin, menetapkan hari libur, dan parade kemenangan pertama di Lapangan Merah, menampilkan lambang Jerman yang direbut, diadakan pada 24 Juni 1945.

Bagaimana Hari Kemenangan Berkembang Selama Bertahun-tahun?

Uni Soviet merayakan peringatan 20 dan 40 Hari Kemenangan dengan parade Lapangan Merah pada tahun 1965 dan 1985. Setelah jatuhnya Uni Soviet, Presiden Rusia, Boris Yeltsin, menjadikannya acara tahunan sejak tahun 1995.

Di bawah Putin, Hari Kemenangan semakin menjadi pertunjukan “berotot” tidak hanya dari batalion berbaris tetapi juga persenjataan terbaru Rusia, termasuk pesawat tempur, tank, dan rudal balistik antar benua berkemampuan nuklir.

Apa Yang Spesial pada Tahun Ini?

Dalam dua pekan menjelang acara tahun ini, Rusia melihat peningkatan tajam serangan di wilayahnya sendiri, termasuk di terhadap jalur kereta barang dan kilang minyak besar. Seorang penulis nasionalis terkenal terluka saat mobilnya diledakkan oleh bom akhir pekan lalu.

Yang paling dramatis dari semuanya, Rusia menuduh Ukraina dan Barat melakukan percobaan serangan pesawat tak berawak di benteng Kremlin itu sendiri pada 3 Mei, yang secara khusus menghubungkan insiden itu dengan peringatan 9 Mei. Ukraina membantahnya, dan Amerika Serikat mengatakan tuduhan Rusia bahwa mereka mengatur dugaan serangan itu adalah "kebohongan".

Gabungan semua peristiwa ini telah memaksa Rusia untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi perayaan di seluruh negeri, menggarisbawahi fakta bahwa "operasi militer khusus" di Ukraina tidak berjalan sesuai dengan naskah Putin.

Padahal ada anggapan bahwa Rusia ingin pertempuran di Ukraina, meskipun hanya untuk menguasai seluruh kota Bakhmut di Ukraina, sebagai keistimewaan pada peringatan 9 Mei. Dan ternyata itu tidak bisa diwujudkan.

Apa Yang Dikatakan Putin Tahun Ini?

Putin mengatakan Rusia sedang dalam pertarungan "sakral" dengan Barat atas Ukraina. Dia menuduh Barat dirasuki oleh Russophobia, dan melupakan peran menentukan Uni Soviet dalam mengalahkan Hitler pada PD II.

Tetapi di luar pesan-pesan ini, yang akrab dengan banyak pidato Putin sebelumnya, dia tidak mengatakan hal baru tentang keadaan perang atau strategi untuk meraih kemenangan di Ukraina.

Putin berbicara hanya 10 menit, kurang satu menit dari tahun lalu. Dia kemudian menyaksikan ribuan tentara berbaris melintasi Lapangan Merah dengan iringan musik bela diri yang menggetarkan, tetapi parade perangkat keras militer yang menyertainya secara drastis dikurangi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Seluruh acara di alun-alun itu selesai dalam waktu kurang dari satu jam. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home