Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:22 WIB | Senin, 10 Oktober 2022

Rusia Serang Sejumlah Kota Ukraina, Korban Kebanyakan Warga Sipil

Rusia Serang Sejumlah Kota Ukraina, Korban Kebanyakan Warga Sipil
Petugas penyelamat mensurvei lokasi serangan Rusia di Kiev, Ukraina pada Senin, 10 Oktober 2022. Dua ledakan mengguncang Kiev hari Senin pagi setelah berbulan-bulan relatif tenang di ibukota Ukraina. (Foto: AP/Adam Schreck)
Rusia Serang Sejumlah Kota Ukraina, Korban Kebanyakan Warga Sipil
Orang-orang menerima perawatan medis di lokasi penembakan Rusia di Kiev, Ukraina, Senin, 10 Oktober 2022. Dua ledakan mengguncang Kiev Senin pagi setelah berbulan-bulan relatif tenang di ibukota Ukraina. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)
Rusia Serang Sejumlah Kota Ukraina, Korban Kebanyakan Warga Sipil
Peta lokasi serangan Rusia pada hari Senin (10/10). (Sumber: AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Rusia melancarkan rentetan serangan mematikan terhadap beberapa kota Ukraina pada hari Senin (10/10), menghancurkan sasaran sipil termasuk pusat kota Kiev di mana setidaknya enam orang tewas di tengah mobil yang terbakar dan bangunan yang hancur. Ini membawa kembali ke fokus realitas suram dari perang setelah berbulan-bulan meredakan ketegangan di ibu kota.

Polisi mengatakan total sedikitnya 10 orang tewas dan sekitar 60 lainnya terluka dalam serangan pagi hari di seluruh Ukraina. Layanan Darurat negara itu mengatakan sembilan orang tewas. Angka-angka yang berbeda-beda dan tidak dapat segera dikonfirmasi.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang militernya menginvasi negara tetangga Ukraina pada 24 Februari, mengatakan serangan itu sebagai pembalasan atas apa yang disebutnya tindakan “teroris” Kiev, merujuk pada upaya Ukraina untuk mengusir pasukan invasi Moskow dan melumpuhkan jalur pasokan mereka.

Tindakan yang dia maksud termasuk serangan akhir pekan lalu di jembatan utama, yang dibanggakan oleh Kremlin, penghubung antara Rusia dan Semenanjung Krimea yang dicaplok.

Putin bersumpah akan memberikan tanggapan yang “keras” dan “proporsional” jika Ukraina melakukan serangan lebih lanjut yang mengancam keamanan Rusia. “Seharusnya tidak ada yang meragukannya,” katanya.

Serangan intens selama berjam-jam pada hari Senin oleh Rusia menandai eskalasi militer tiba-tiba dalam serangannya di Ukraina. Itu terjadi sehari setelah Putin menyebut ledakan hari Sabtu di jembatan besar yang menghubungkan Rusia ke wilayahnya yang dicaplok Krimea sebagai "aksi teroris" yang didalangi oleh dinas khusus Ukraina.

Putin, berbicara dalam panggilan video dengan anggota Dewan Keamanan Rusia, mengatakan militer Rusia meluncurkan “senjata presisi” dari udara, laut dan darat untuk menargetkan energi utama dan fasilitas komando militer.

Serangan rudal menandai serangan Rusia terbesar dan paling luas dalam beberapa bulan. Putin, yang perintah mobilisasi parsialnya awal bulan ini memicu eksodus ratusan ribu pria usia tempur dari Rusia, berhenti mengumumkan darurat militer atau operasi kontraterorisme seperti yang diperkirakan banyak orang.

Tetapi serangan berkelanjutan di kota-kota besar menghantam daerah pemukiman dan fasilitas infrastruktur penting, menandakan gelombang besar dalam perang di tengah serangan balasan Ukraina yang sukses dalam beberapa pekan terakhir dan menimbulkan pertanyaan tentang seberapa "tepat" penargetan Rusia.

Perang Moskow di Ukraina mendekati tonggak sejarah delapan bulannya, dan Kremlin telah terhuyung-huyung dari kemunduran medan perang yang memalukan di wilayah Ukraina timur yang coba dicaploknya.

Ledakan terjadi di distrik Shevchenko di ibu kota, sebuah area luas di pusat Kiev yang mencakup kota tua bersejarah serta beberapa kantor pemerintah, kata Walikota, Vitali Klitschko.

Beberapa serangan terjadi di dekat kawasan pemerintah di jantung simbolis ibu kota, di mana Parlemen dan landmark utama lainnya berada. Sebuah kantor perumahan menara kaca rusak parah, sebagian besar jendela berwarna biru pecah.

Warga terlihat di jalan-jalan dengan darah di pakaian dan tangan mereka. Seorang pria muda mengenakan jaket biru duduk di tanah saat petugas medis membungkus kepalanya dengan perban. Seorang perempuan dengan perban melilit kepalanya memiliki darah di seluruh bagian depan blusnya. Beberapa mobil juga rusak atau hancur total. Sirene serangan udara terdengar berulang kali di seluruh negeri dan di Kiev.

Sasaran Warga Sipil pada Jam Sibuk

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan pasukan Rusia meluncurkan puluhan rudal dan drone buatan Iran ke Ukraina. Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan 75 rudal ditembakkan ke sasaran Ukraina, dengan 41 di antaranya dinetralisir oleh pertahanan udara.

Sasarannya adalah wilayah sipil dan fasilitas energi di 10 kota, kata Zelenskyy dalam sebuah pidato video. “(Rusia) memilih waktu dan target seperti itu dengan sengaja untuk menimbulkan kerusakan paling besar,” kata Zelenskyy.

Serangan pagi mengirim penduduk Kiev kembali ke tempat perlindungan bom untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan. Sistem kereta bawah tanah kota menghentikan layanan kereta api dan membuat stasiun tersedia sekali lagi sebagai tempat perlindungan.

Sementara sirene serangan udara terus berlanjut sepanjang perang di kota-kota besar Ukraina di seluruh negeri, di Kiev dan daerah lain di mana telah berbulan-bulan tenang, banyak orang Ukraina mulai mengabaikan peringatan mereka dan menjalankan bisnis normal mereka.

Itu berubah pada Senin pagi. Serangan tiba di Kiev pada awal jam sibuk pagi hari, ketika lalu lintas komuter mulai meningkat. Setidaknya salah satu kendaraan yang ditembak di dekat Universitas Nasional Kiev tampaknya adalah minibus komuter, yang dikenal sebagai "marshrutka" dan yang merupakan alternatif populer meskipun sering ramai untuk rute bus dan metro kota.

Di dekatnya, setidaknya satu serangan mendarat di Taman Shevchenko yang populer, meninggalkan lubang besar di dekat taman bermain anak-anak.

Di antara target yang terkena adalah jembatan penyeberangan yang dikenal sebagai jembatan Klitschko, tengara di pusat Kiev dengan panel kacanya. Rekaman televisi sirkuit tertutup yang dibagikan oleh penasihat menteri dalam negeri Ukraina menunjukkan ledakan besar saat jembatan tampaknya ditargetkan. Seorang pria terlihat di jembatan sebelum ledakan terlihat melarikan diri setelah ledakan.

Lesia Vasylenko, anggota parlemen Ukraina, men-tweet sebuah foto yang menunjukkan bahwa setidaknya satu ledakan terjadi di dekat gedung utama Universitas Nasional Kiev di pusat kota Kiev.

Di tempat lain, Rusia menargetkan wilayah sipil dan infrastruktur energi saat sirene serangan udara terdengar di setiap wilayah Ukraina, kecuali Krimea yang dicaplok Rusia, selama empat jam berturut-turut.

Wartawan Associated Press di kota Dnipro melihat banyak mayat orang yang terbunuh di sebuah lokasi industri di pinggiran kota. Jendela-jendela di area itu pecah dan kaca berserakan di jalan. Sebuah gedung telekomunikasi dihantam bom.

Media Ukraina juga melaporkan ledakan di sejumlah lokasi lain, termasuk kota barat Lviv, yang telah menjadi tempat perlindungan bagi banyak orang yang melarikan diri dari pertempuran di timur, serta di Kharkiv, Ternopil, Khmelnytskyi, Zhytomyr dan Kropyvnytskyi.

Kharkiv diserang tiga kali, kata Walikota Ihor Terekhov. Serangan itu memutus aliran listrik dan air. Infrastruktur energi juga terkena dampak di Lviv, kata Gubernur regional Maksym Kozytskyi. Tiga rudal jelajah diluncurkan ke Ukraina dari kapal Rusia di Laut Hitam melintasi wilayah udara Moldova, keluh Menteri Luar Negeri negara itu, Nicu Popescu.

Sehari sebelumnya, Putin menyebut serangan di Jembatan Kerch ke Krimea sebagai aksi teroris yang dilakukan oleh dinas khusus Ukraina. Dalam pertemuan hari Minggu dengan ketua Komite Investigasi Rusia, Putin mengatakan “tidak diragukan lagi itu adalah tindakan teroris yang diarahkan pada penghancuran infrastruktur sipil yang sangat penting.”

Jembatan Kerch penting bagi Rusia secara strategis, sebagai jalur suplai militer untuk pasukannya di Ukraina, dan secara simbolis, sebagai lambang klaimnya di Krimea. Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas kerusakan jembatan sepanjang 12 mil (19 kilometer), terpanjang di Eropa.

Di tengah serangan gencar, Zelenskyy mengatakan di akun Telegramnya bahwa Rusia “berusaha menghancurkan kita dan melenyapkan kita dari muka bumi.”

Kecaman Internasional

Serangan-serangan itu tampaknya akan menimbulkan kecaman internasional baru bagi Rusia.

Juru bicara Kanselir Jerman Olaf Scholz, Steffen Hebestreit, mengatakan kekuatan industri Kelompok Tujuh (G7) akan mengadakan konferensi video hari Selasa (11/10) tentang situasi yang akan dibahas Zelenskyy. Jerman saat ini memimpin G-7.

Serangan itu menimbulkan kemarahan di Eropa. Presiden Prancis, Emanuel Macron, menyatakan "keprihatinan yang ekstrem, karena serangan itu menyebabkan korban sipil" dan memperbarui janjinya untuk lebih banyak bantuan militer untuk Ukraina.

Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly, men-tweet bahwa “Penembakan rudal Rusia ke wilayah sipil Ukraina tidak dapat diterima.”

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, menghentikan tur Afrika-nya dan kembali ke Ukraina, mencuit bahwa serangan itu mewakili “teror di kota-kota Ukraina yang damai.”

Beberapa khawatir serangan hari Senin mungkin hanya serangan pertama dalam serangan Rusia yang diperbarui. Kementerian Pendidikan Ukraina mengumumkan bahwa semua sekolah di Ukraina harus beralih ke kelas online setidaknya hingga akhir pekan ini.

Dalam langkah yang tidak menyenangkan, Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, mengumumkan pada hari Senin bahwa dia dan Putin telah sepakat untuk mengerahkan "pengelompokan pasukan regional" bersama di tengah meningkatnya pertempuran di Ukraina. Dia tidak memberikan rincian tentang di mana pengelompokan itu akan dikerahkan, kapan dan untuk apa.

Lukashenko mengulangi klaimnya bahwa Ukraina sedang merencanakan serangan terhadap Belarusia, memicu kekhawatiran bahwa panggung sedang disiapkan untuk tindakan pencegahan oleh Minsk. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home