Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:38 WIB | Jumat, 20 Juni 2014

Sambut HUT DKI, Naik Transjakarta Gratis

Dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke 487, Pemprov DKI akan mengadakan Jakarnaval . (Foto: jakarta.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-487 dipastikan bakal meriah. Selain akan diisi dengan kegiatan Jakarnaval dan Jakarta Night Festival (JNF), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga akan menggratiskan warga yang hendak menggunakan layanan bus Tranjakarta sejak tanggal 21-22 Juni 2014.

Hal ini dimaksudkan agar warga Jakarta bisa menikmati transportasi massal kebanggaan ibu kota tersebut.

"Kita gratiskan sejak Sabtu pukul 18.00 sampai Minggu pukul 22.00," kata Pargaulan Butar Butar, Kepala Unit Pengelola (UP) Transjakarta, kepada beritajakarta.com, Kamis (19/6).

Ia menambahkan, ini merupakan agenda rutin Pemprov DKI dalam menyambut hari jadi kota Jakarta. Dengan diberlakukan kebijakan ini, warga biasanya sangat antusias untuk naik Transjakarta.

"Tahun kemarin sampai 5.000 penumpang dalam satu hari, sampai kewalahan dan saya rasa tahun ini sama," ujarnya.

Namun, ia meminta warga yang hendak menggunakan bus Transjakarta tetap menjaga ketertiban dengan mengantre di halte yang telah disediakan. "Mudah-mudahan penumpang tertib dan sabar dalam mengantre naik Transjakarta," ucapnya.

Sedangkan untuk kelancaran kegiatan Malam Muda Mudi atau Jakarta Night Festival (JNF) Sabtu (21/6), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Polda Metro Jaya,  juga akan melakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas selama acara berlangsung. Penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 16.00. Namun, penutupan total baru dilakukan pukul 19.00-23.00.

Jalan yang akan ditutup untuk mendukung acara yakni, mulai dari Jl Sudirman (Dukuh Atas), Jl MH Thamrin, Jl Medan Merdeka Barat, Jl Medan Merdeka Selatan, dan Jl Majapahit. Di sepanjang jalan tersebut akan diadakan acara Malam Muda Mudi dengan konsep car free night.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Muhammad Akbar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pengalihan arus dengan adanya penutupan jalan tersebut.

Pengalihan yang dilakukan yakni di bundaran patung kuda, kendaraan diarahkan ke Jl Budi Kemuliaan. Kemudian di traffic light Kebon Sirih, kendaraan diarahkan menuju ke Jl Kebon Sirih arah timur (ke arah Tugu Tani) dan ke arah barat (ke arah Tanah Abang). Sementara di traffic light Sarinah kendaraan diarahkan menuju ke Jl Wahid Hasyim arah barat/ke arah Tanah Abang dan ke arah timur/ke arah traffic light Jl Sabang.

Di Bundaran HI kendaraan diarahkan menuju ke Jl Imam Bonjol-traffic light Jl Cokroaminoto-dan seterusnya. Kendaraan dari Dukuh Atas dialihkan ke Jl Galunggung-Jl Cokroaminoto-Menteng-Tugu Tani-Jl Medan Merdeka Timur-Jl Juanda dan seterusnya. Sementara kendaraan di Jalan Sudirman arah utara akan dialihkan melalui Jalan Penjernihan

Menggelar 52 Acara

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar sebanyak 52 acara untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-487 DKI Jakarta. Serangkaian acara itu akan dihelat mulai tanggal 1 Juni hingga 28 Juni 2014.

di Monas akan diselenggarakan bazar dan panggung hiburan dengan artis Ibu Kota. Pada tanggal 22 Juni 2014, acara dimulai dari pagi hingga malam hari, dimulai dengan upacara, rapat paripurna istimewa HUT DKI, malam resepsi di Balaikota, dan diakhiri dengan Jakarta Humanoid Festival Happening Art di sepanjang Jalan MH Thamrin

Ketua Harian Panitia HUT Jakarta Bambang Sugiyono mengatakan, rangkaian acara itu beragam, mulai dari seni hingga olahraga. "Sekitar 52 kegiatan rutin dan unggulan dari kota/kabupaten, provinsi, hingga kecamatan sudah tercatat sebagai pengisi acara HUT DKI tahun ini. Sebanyak 12 di antaranya adalah kegiatan tahunan," katanya.

Acara di tingkat kota/kabupaten antara lain Festival Passer Baroe di Jakarta Pusat, Festival Bunga Rawa Belong di Jakarta Barat, Gebyar Pesisir di Jakarta Utara, Festival Palang Pintu di Jakarta Selatan, panggung hiburan 10 kecamatan di Jakarta Timur, serta Festival Kuliner Pesisir di Kepulauan Seribu. (beritajakarta/jakarta.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home