Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:45 WIB | Kamis, 07 Januari 2016

Satria Muda Siap Pertahankan Gelar IBL

Satria Muda Siap Pertahankan Gelar IBL
Pelatih Satria Muda, Cokorda Raka,memberi keterangan tentang kesiapan tim dalam konferensi pers tim Satria Muda Pertamina di Hotel Fairmont, Jl Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Hari Kamis (7/1). (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Satria Muda Siap Pertahankan Gelar IBL
Pebasket Satria Muda, Rony Gunawan (kiri), pelatih Satria Muda, Cokorda Raka (tengah) dan Cristian Ronaldo Sitepu (kanan) dalam konferensi pers tim Satria Muda Pertamina di Hotel Fairmont, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Hari Kamis (7/1).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Klub basket asal Jakarta, Satria Muda Pertamina, mengaku siap mempertahankan gelar juara kompetisi liga basket Indonesia, Indonesian Basketball League (IBL), yang akan memasuki musim 2016.

“Persiapan kami 80 persen dan sekarang kondisi psikologis tim sangat positif. Sekarang kami sudah melakukan evaluasi juga dari hasil musim lalu, karena ada peraturan yang berbeda, dan kami harus beradaptasi juga dengan situasi yang beda,” kata pelatih Satria Muda Pertamina, Cokorda Raka, dalam konferensi pers tim Satria Muda Pertamina di Hotel Fairmont, Jl Asia Afrika, Senayan, Jakarta, hari Kamis (7/1).

Cokorda menyebutkan basket tidak dapat dipisahkan dari permainan tim, namun dia juga memperhatikan kualitas dan perkembangan tiap individu pemainnya. “Walau kehilangan beberapa pemain bintang, ya mudah-mudahan kami bisa melebihi prestasi tahun lalu,” dia menambahkan.

Cokorda menjelaskan, musim ini pemain-pemain baru yang membela Satria Muda antara lain Yosua, yang musim lalu membela Satya Wacana Salatiga, Hans Abraham, Sandy Ibrahim, Audy Bagastyo Arizanugra, Juan Laurent Kokodiputra, dan M Surya Jayadiwangsa.

Musim lalu, dalam grand final pada 10 Mei 2015, Satria Muda memastikan menjuarai Liga Basket Nasional dengan mengalahkan Pelita Jaya (PJ) Energi MP Jakarta dengan skor 62-54.

Dalam kesempatan yang sama pebasket senior Satria Muda, Cristian Ronaldo Sitepu, menjelaskan di IBL musim 2016 dia dan teman-temannya akan melakukan yang terbaik.

“Kami yakin bisa karena kami mendapat penjelasan dari pelatih yang mau membimbing bukan hanya kami yang senior, tapi coach (pelatih, Red) mau memberi ekspektasi bagus kepada yang muda,” kata Ronaldo.

Dalam kesempatan yang sama, Riska Natalia, manajer Satria Muda, menjelaskan klub tersebut berkomitmen melahirkan pemain berkualitas. Dia menjelaskan Satria Muda Pertamina berkontribusi bagi perkembangan bola basket di Tanah Air karena klub ini pernah melahirkan Arki Dikania Wisnu, Christian Ronaldo Sitepu, dan Rony Gunawan, yang membela tim nasional basket Indonesia pada SEA Games  2015 di Singapura.   

Riska menjelaskan musim kompetisi IBL 2016, akan bergulir mulai hari Sabtu (9/1). Kompetisi tersebut digelar enam seri yakni di Kota Jakarta, Malang, Jogja, Semarang, Bandung, Surabaya, dan akan diikuti 12 tim peserta antara lain NSH Jakarta, Stadium Happy 8 Jakarta, M88 Aspac Jakarta, Satria Muda Britama Jakarta, Pelita Jaya EMP Jakarta, CLS Knights Surabaya, Garuda Bandung, Hangtuah SumSel, JNE Bandung Utama, Pacific Caesar Surabaya, Bima Sakti Nikko Steel Malang, Satya Wacana Salatiga.

Catatan Wikipedia menyebutkan bahwa Satria Muda adalah klub langganan juara basket profesional di Indonesia karena telah tujuh kali menjadi juara antara lain pada musim 2004, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010-2011, dan 2011-2012.

Klub lain yang berhasil menjadi juara yakni Aspac Jakarta dengan tiga kali yakni pada musim 2003, 2005, dan 2012-2013.

Juara Basket Indonesia dari musim ke musim:

2010 - 2011

1. Satria Muda  

2. CLS Knights Surabaya

3. Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta

2011 - 2012

1. Satria Muda  

2. M88 Aspac Jakarta

3. Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta

2012 - 2013

1. M88 Aspac Jakarta

2. Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta

3. Garuda Kukar Bandung

2013 - 2014

1. M88 Aspac Jakarta

2. Satria Muda  

3. Pelita Jaya Energi Mega Persada

2014 - 2015

1. Satria Muda  

2. Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta

3. CLS Knights Surabaya

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home