Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 18:43 WIB | Kamis, 20 Agustus 2015

Sebastian Coe Janji Berantas Doping di Atletik

Ilustrasi: Sebastian Coe, Presiden IAAF yang baru terpilih. (Foto: mirror.co.uk)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Sebastian Coe, yang baru saja terpilih sebagai Presiden Asosiasi Federasi Atletik Dunia (IAAF) berjanji akan menepati visi dan misi saat dia kampanye, yakni  mendirikan  badan anti-doping independen untuk memerangi doping dalam olah raga.

"Saya akan melakukan segalanya dalam kemampuan manusia saya untuk memastikan olah raga kami mempertahankan nilai-nilai, mempertahankan warisan yang sangat kuat,”  kata Coe kepada media seusai pemilihan Presiden IAAF yang berlangsung di Beijing, seperti diberitakan eurosport.com, Rabu (19/8).

Coe mengemukakan dia yakin IAAF merupakan badan olah raga yang cukup kuat sebagai referensi seluruh cabang  olah raga  di dunia.

Coe berterima kasih atas kerja sama yang baik dengan Presiden IAAF sebelumnya asal Senegal,  Lamine Diack. Laki-laki asal Inggris yang dahulu merupakan pemenang dua kali medali emas Olimpiade di nomor 1500 meter tersebut  memenangkan kursi kepresidenan dengan mengalahkan atlet legendaris Ukraina Sergey Bubka 115-92 dalam pemungutan suara dari IAAF Kongres ke-50.  

 "Ini adalah olahraga yang kuat, saya memiliki tanggung jawab untuk membuatnya lebih kuat, dan saya akan melakukannya,” kata Coe.

Pemilihan berlangsung dengan latar belakang krisis komunikasi dari IAAF, yang dituduh gagal dalam tugasnya untuk mengatasi laporan dugaan kuat doping beberapa atlet di Kejuaraan Atletik Dunia beberapa tahun yang lalu.

 Coe  membela catatan IAAF tentang doping yakni dengan tidak adanya laporan tentang  data tes darah kepada media.

“Tidak ada  toleransi terhadap penyalahgunaan doping dalam olah raga,  dan saya ingin melanjutkan itu," kata dia.

"Saya akan mempertahankan bahwa atletik berada pada tingkat kewaspadaan yang sangat tinggi,” kata dia.

“Ada masalah universal dengan (doping) dalam olahraga. Kami menyadari itu dan kami selalu mengambil peran utama dalam pemberantasan doping, selama saya berkecimpung di olah raga," kata dia.

Perdana Menteri Inggris dalam akun twitternya (@David_Cameron) mengucapkan selamat atas terpilihnya Coe sebagai Presiden IAAF.

Presiden Badan Anti Doping Dunia (WADA), Craig Reedie mengucapkan selamat atas terpilihnya Coe.  "Kami berharap mendapat hubungan positif dan kuat dengan presiden yang baru  untuk melindungi hak-hak atlet bertanding secara sportif dan bersih," kata  Craig Reedie.  

Mantan juara lompat galah Olimpiade, Sergei Bubka juga mengucapkan selamat atas kemenangan Coe,  "Saya tahu atletik akan tumbuh dan menjadi lebih kuat, saat ini saya berbahagia karena saya mencintai atletik. Saya akan terus melayani atletik dengan gairah. Ini adalah hidup saya,” kata Bubka.

Bubka  terpilih sebagai salah satu dari empat wakil presiden IAAF, bersama dengan mantan pelari asal Kuba Alberto Juantorena, Presiden Federasi Atletik Asia asal Qatar Dahlan Al Hamad, dan Presiden Federasi Atletik Afrika asal Kamerun Hamad Kalkaba Malboum.  (eurosport.com)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home