Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:46 WIB | Kamis, 09 Juli 2015

Sedekah Sebaiknya Salurkan ke Lazis

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa (kiri) menyerahkan bantuan kepada Jamlik (kanan) warga penyandang disabilitas intelegensia saat melakukan kunjungan kerja di Desa Pandak, Keamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur, Senin (8/6/15). (Foto: Antara/Siswo Widodo)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengingatkan, agar sedekah jangan diberikan di jalanan tapi sebaiknya disalurkan ke lembaga amil zakat dan sedekah (Lazis).

"Sedekah dan infaq sebaiknya disalurkan lewat lembaga amil zakat jangan di jalan karena akan menyuburkan pengemis musiman," kata Mensos disela-sela buka puasa bersama dengan media massa di Jakarta, Rabu (8/7).

Pengemis musiman, semakin meningkat saat Ramadan terutama dari daerah ke kota-kota besar, memanfaatkan kesempatan dari tingginya minat umat muslim untuk beramal.

Menurut Mensos, pengemis ada dua kategori yaitu pertama, ada yang memang karena membutuhkan dan ada juga yang aji mumpung.

"Dalam Islam sebenarnya sudah jelas bahwa lebih mulia tangan di atas dari pada tangan di bawah," katanya.

Dia menyebutkan, sebanyak 5.000 pendatang baru saat Ramadan ke Jakarta, sudah teridentifikasi yaitu dari seluruh Jawa dan Lampung.

"Jadi pemasoknya bukan dari daerah baru. Di suatu daerah pengemis itu sudah menjadi suatu pekerjaan. Walaupun pendidikan tinggi bahkan sampai sarjana tapi dia malah menjadi bosnya pengemis," kata  Mensos.

Karena itu, yang harus diubah adalah pola pikir manusianya agar tidak lagi menjadikan pengemis sebagai profesi karena juga akan mengganggu ketertiban umum. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home