Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 12:13 WIB | Selasa, 20 Mei 2014

“Selfie” dan “Hashtag” Masuk Kamus Merriam-Webster

Kamus terlaris di Amerika, Merriam-Webster menyerap kata-kata baru seiring berkembangnya pengaruh teknologi dalam kehidupan sehari-hari. (Foto: politico.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – “Selfie”, “hashtag”, dan “tweep” termasuk dalam beberapa kata di antara lebih dari 150 kata lainnya yang ditambahkan dalam kamus terlaris di Amerika, Merriam-Webster, menyoroti berkembangnya pengaruh teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

“Begitu banyak kata baru yang menunjukkan dampak konektivitas online terhadap kehidupan dan mata pencaharian kita,” ujar Peter Sokolowski, editor-at-large untuk Merriam-Webster.

“Tweep, selfie, dan hashtag mengacu pada beberapa cara kita berkomunikasi dan berbagi sebagai individu,” ia menambahkan.

Berawal sebagai kata kunci media sosial, “selfie” dimasukkan ke dalam kamus online Oxford English pada 2013.

“Selfie” menjadi kata paling populer tahun ini.

Merriam-Webster mendefinisikan “selfie” sebagai gambar diri sendiri, yang diambil oleh diri sendiri, menggunakan kamera digital untuk diunggah ke jejaring media sosial.

“Crowdfunding”, “big data”, dan “gamification”, juga ditambahkan, menunjukkan “bagaimana teknologi digunakan untuk memahami dan memotivasi perilaku,” menurut kamus tersebut.

Kata baru lainnya “catfish” didefinisikan sebagai seseorang yang membuat sebuah profil jaringan sosial palsu untuk tujuan menipu. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home