Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 09:30 WIB | Rabu, 15 Juli 2015

Seluruh Bus Scania akan Beroperasi Akhir Juli

Deretan bus Transjakarta jenis Scania. (Foto: Dok Satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Seluruh armada Transjakarta merk Scania dipastikan dapat beroperasi akhir Juli mendatang. Menurut Direktur PT Transjakarta, Antonius Steve Kosasih, saat ini baru lima dari 20 bus yang lolos mendapatkan surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan pelat kuning. 

"Ini (proses) sekarang sedang dijalanin terus, mestinya ada tahapan yang mulai dilalui. Bus-bus itu harus dapat STNK, pelat kuning, dan uji kir. Keseluruhan proses memakan waktu cukup lama," kata Kosasih saat ditemui di Juanda, Jakarta Pusat, pada Selasa (14/7) malam. 

Menurut Kosasih, urusan perizinan ini telah dimulai saat perakitan karoseri. Perizinan itu diproses di Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan Kepolisian. "Jalurnya memakan waktu cukup lama. Itu prosedur yang harus dilalui, tapi kami pastikan akhir Juli seluruh bus Scania akan berjalan. Bus ini akan jalan di koridor satu dan sembilan. Begitu bus masuk ke koridor sembilan, bus single di koridor sembilan akan dipindahkan ke koridor lain yang membutuhkan," katanya. 

Dengan adanya bus baru merk Scania, PT Transjakarta akan mulai menghentikan bus lama yang kurang layak beroperasi. Kosasih menargetkan akan membenahi bus-bus di koridor yang sudah tak layak jalan. Koridor yang menjadi prioritas berturut-turut yakni koridor enam, empat, tiga, dan dua.

Sebelumnya, 20 bus Scania diluncurkan bersamaan dengan HUT ke-488 DKI. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan 20 unit bus Transjakarta baru tersebut di Lapangan Monumen Nasional (Monas).

Bus-bus baru ini menandai kali pertama Transjakarta melakukan pengadaan barang/jasa secara elektronik melalui e-Katalog LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah).

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home