Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 18:39 WIB | Kamis, 10 September 2015

Senator Nilai Pengungsi Suriah Positif Bagi Australia

Senator Concetta Fierravanti-Wells (Foto: concettafierravantiwells.dss.gov.au)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM - Senator Concetta Fierravanti-Wells, yang ditunjuk oleh Perdana Menteri Tony Abbott untuk mengurusi masalah multikultural di Australia, menilai kedatangan 12 ribu pengungsi asal Suriah akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Australia.

Menurut dia, kedatangan pengungsi Suriah sama seperti kedatangan kelompok migran besar lainnnya yang terjadi sebelumnya.

"Mereka pasti ingin berhasil di Australia, seperti juga kelompok pengungsi lainnya yang datang," kata Concetta Fierravanti-Wells menanggapi pernyataan dari beberapa anggota parlemen yang mengkhawatirkan para pengungsi ini 'tidak akan mampu berasimilasi.'

"Kita sudah pernah kedatangan gelombang pengungsi sebelumnya, dan mereka sudah membuat negeri ini mejadi lebih baik," lanjutnya sebagaimana dikutip Australia Plus, hari Kamis (10/9).

Gelombang pengungsi yang melarikan diri dari konflik di Timur Tengah tersebut diperkirakan akan tiba pertama kalinya sekitar bulan Desember.

Sekitar 12 ribu pengungsi yang saat ini berada di Lebanon, Yordania, dan Turki akan diterima, sebagai tambahan dari penerimaan pengungsi tahunan  Australia sebanyak 13.750 orang.

"Yang penting adalah bagaimana menempatkan mereka dan menempatkan mereka dengan baik, dan kita akan memiliki layanan yang diperlukan untuk itu," katanya.

Beberapa anggota parlemen di antaranya George Christensen dari Queensland sudah menyampaikan kekhawatirananya bahwa teroris ISIS bisa berpura-pura menjadi pengungsi untuk bisa masuk ke Australia.

Namun dia mengatakan sudah mendapat jaminan dari pejabat Australia bahwa akan diadakan pemeriksaan yang ketat mengenai latar belakang pengungsi.

"Yang paling buruk adalah bila ada agen ISIS yang masuk ke sini. Kita tidak ingin mengimpor masalah dari sana ke sini. Saya kira kebanyakan yang akan kita terima adalah warga Kristen, warga minoritas yang sangat terancam di sana. Semua orang tahu  bahwa warga Kristen di Timur Tengah perlu mengungsi," katanya.

Beberapa anggota parlemen yang berasal dari kawasan regional Australia mengatakan bahwa kedatangan pengungsi ini akan memberikan 'kesempatan ekonomi baru' bagi daerah mereka.

Anggota parlemen yang mewakili kawasan Wagga Wagga di NSW, Michael McCormack mengatakan dari pemilihannya memerlukan "dokter, akuntan, dan orang lain yang memiliki ketrampilan' dan pengungsi apa pun' akan diterima dengan tangan terbuka.'

"Mereka akan datang dengan jenis makanan baru, budaya baru, harapan baru," katanya. (australiaplus.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home