Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:14 WIB | Sabtu, 06 Agustus 2022

Serangan Bom di Kabul, Afghanistan, Delapan Tewas

Serangan terjadi di lingkungan warga minoritas Islam Syiah.
Laki-laki Muslim Syiah memukuli diri mereka sendiri dengan pisau yang diikat dengan rantai selama prosesi untuk menandai Ashura, tiga hari menjelang Ashura, di sebuah masjid di Kabul, Afghanistan, Jumat, 5 Agustus 2022. Ashura jatuh pada hari 10 Muharram, hari pertama bulan dalam kalender Islam, ketika Syiah menandai kematian Hussein, cucu Nabi Muhammad, pada Pertempuran Karbala di Irak saat ini pada abad ke-7. (Foto: AP/Ebrahim Noroozi)

KABUL, SATUHARAPAN.COM- Sebuah bom yang disembunyikan di sebuah gerobak meledak pada hari Jumat (5/8) di dekat sebuah masjid di lingkungan warga minoritas Syiah di Kabul, ibu kota Afghanistan, menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai 18 orang, kata seorang pejabat Taliban.

Juga pada hari Jumat, ratusan warga Afghanistan, tampaknya diorganisir oleh Taliban, berunjuk rasa di beberapa provinsi, mengecam serangan pesawat tak berawak AS pada hari Minggu (31/7) lalu yang menewaskan pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahri, di balkon rumah persembunyian Kabul.

Menurut Khalid Zadran, juru bicara yang ditunjuk Taliban untuk kepala polisi Kabul, pengeboman di gerobak terjadi di Kabul barat, di daerah Sar-e Karez. Laporan awal mengatakan dua orang tewas tetapi jumlah korban dengan cepat meningkat ketika yang terluka dibawa ke rumah sakit setempat.

“Sekali lagi, musuh melakukan serangan terhadap (hari-hari suci) dan membunuh warga sipil tak berdosa,” kata Zadran. Dia menambahkan bahwa polisi telah meluncurkan penyelidikan.

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung, tetapi kemungkinan besar kesalahan akan jatuh pada kelompok Negara Islam (ISIS), yang telah menargetkan minoritas Syiah Afghanistan dalam serangan skala besar di masa lalu.

Afiliasi regional IS, yang dikenal sebagai Negara Islam di Provinsi Khorasan, telah meningkatkan serangan terhadap masjid dan minoritas di seluruh negeri sejak Taliban merebut kekuasaan Agustus lalu.

ISIS, yang telah beroperasi di Afghanistan sejak 2014, dipandang sebagai tantangan keamanan terbesar yang dihadapi penguasa Taliban di negara itu. Setelah pengambilalihan mereka di Afghanistan, Taliban telah meluncurkan tindakan keras terhadap markas ISIS di timur negara itu.

Pada hari Rabu, dalam baku tembak antara Taliban dan kelompok bersenjata ISIS menewaskan lima orang, termasuk dua pejuang Taliban. Pertempuran meletus di dekat kuil Sakhi di lingkungan Karti Sakhi ketika orang-orang sibuk mempersiapkan Ashoura, yang memperingati kematian abad ke-7 dalam pertempuran Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad.

Dalam unjuk rasa anti Amerika Serikat setelah salat Jumat, ulama dan pengunjuk rasa mengutuk serangan yang menewaskan al-Zawahri, menyebut serangan itu pelanggaran prinsip-prinsip internasional dan khususnya, perjanjian yang ditandatangani pemerintah AS dengan Taliban tentang penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Para pengunjuk rasa membawa spanduk dengan slogan-slogan “Matilah Amerika” dan meneriakkan menentang Presiden Joe Biden.

Taliban belum mengatakan al-Zawahri tewas dalam serangan pesawat tak berawak itu. Dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, mereka bersikeras bahwa mereka “tidak memiliki pengetahuan tentang kedatangan dan tempat tinggal” pemimpin Al-Qaeda di Kabul.

Para pejabat AS mengatakan dia tinggal di rumah persembunyian Kabul yang terkait dengan wakil pemimpin Taliban. Serangan itu menewaskan al-Zawahri ketika dia melangkah keluar ke balkon rumah persembunyian.

Serangan itu semakin memperkeruh hubungan antara Taliban dan Barat, terutama ketika para penguasa Afghanistan mencari suntikan uang tunai yang mendesak untuk menangani keruntuhan ekonomi yang terjadi setelah penarikan AS setahun yang lalu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home