Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:45 WIB | Sabtu, 16 Maret 2024

Serangan Kelompok Anti Kremlin, Dua Wilayah Perbatasan Rusia Jadi Zona Tempur Aktif

Gambar yang menunjukkan apa yang dikatakan Kementerian Pertahanan Rusia adalah sebuah tank yang hancur milik kelompok bersenjata yang bermarkas di Ukraina setelah upaya penyerangan ke wilayah Rusia di perbatasan antara Rusia dan Ukraina dekat desa Nekhoteevka di Wilayah Belgorod, Rusia, dalam gambar diam yang diambil dari video yang dirilis 12 Maret 2024. (Foto: Kementerian Pertahanan Rusia via Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Seorang pejabat senior intelijen Ukraina mengatakan pada hari Kamis (14/3) bahwa kelompok bersenjata yang dia gambarkan sebagai orang Rusia yang menentang Kremlin mendesakkan serangan ke wilayah Rusia dan telah mengubah dua wilayah perbatasan menjadi “zona tempur aktif”.

Namun gubernur salah satu wilayah Rusia yang terkena serangan tersebut mengatakan, setelah mengunjungi desa-desa di wilayah tersebut, pasukan musuh sudah tidak ada lagi.

Tiga kelompok yang berbasis di Ukraina mengeluarkan pernyataan yang mengatakan mereka melakukan operasi bersenjata di wilayah Belgorod dan Kursk dan meminta penduduk untuk mengevakuasi daerah tersebut demi keselamatan mereka sendiri.

“Wilayah Kursk dan Belgorod kini menjadi wilayah aksi tempur aktif. Ini yang kami konfirmasikan,” kata Andriy Yusov, juru bicara direktorat intelijen GUR, kepada televisi nasional.

“Dan seperti yang dinyatakan oleh para sukarelawan dan pemberontak, kita berbicara tentang warga negara Rusia yang, tidak punya pilihan lain, membela hak sipil mereka dengan senjata melawan rezim Putin.”

Vyachslav Gladkov, gubernur wilayah Belgorod Rusia, mengatakan dalam akun yang diposting di Telegram bahwa tidak ada pasukan Ukraina di salah satu wilayah yang diserang.

“Saya dapat menyatakan bahwa tidak ada pasukan Ukraina di wilayah wilayah tersebut,” tulisnya dalam akun yang diposting setelah tengah malam waktu setempat. “Pertempuran terjadi di luarnya.”

Namun Gladkov mengatakan desa Kozinka “mengalami dampak yang parah. Kerusakannya sangat serius.” Warga telah dievakuasi ke tempat yang kini aman.

Gladkov sebelumnya mengatakan dua orang tewas dan sedikitnya 20 orang terluka dalam serangan angkatan bersenjata Ukraina.

Blogger militer Rusia sebelumnya melaporkan bahwa pasukan terjun payung Rusia telah dikirim ke Kozinka. Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan telah menggagalkan serangan tentara Ukraina.

Gubernur wilayah Kursk, Roman Starovoit, memberikan sedikit rincian, namun mencatat di Telegram bahwa “teroris Ukraina tidak menghentikan upaya mereka untuk membawa penyabot ke wilayah kami”.

Salah satu dari tiga kelompok bersenjata, Freedom of Russia Legion, mengatakan melalui Telegram bahwa mengingat “operasi militer terbatas” yang dilakukan di dua wilayah tersebut, mereka meminta penduduk kota-kota tertentu untuk meninggalkan daerah tersebut. Yang kedua, Batalyon Siberia, mengatakan bahwa mereka telah mengamati “suasana kepanikan di kota Grayvoron – di sebelah Kozinka – dengan mobil-mobil yang mengantri untuk berangkat.

Dua dari kelompok tersebut telah melaporkan melancarkan serangan lintas batas awal pekan ini.

Di masa lalu, para pejabat Rusia menganggap kelompok tersebut sebagai boneka militer Ukraina dan Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat, yang menurut Moskow berupaya menimbulkan kekacauan di Rusia.

Legiun Kebebasan Rusia dan Korps Relawan Rusia sebelumnya telah mengaku bertanggung jawab atas serangan lintas batas lainnya ke Rusia dari Ukraina. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home