Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:19 WIB | Kamis, 29 Desember 2022

Serbia Kosovo Bongkar Barikade Yang Memicu Ketegangan

Seorang pria melewati barikade yang terbuat dari truk yang sarat dengan batu di sebuah jalan di bagian utara kota Mitrovica, Kosovo yang didominasi etnis Serbia, Rabu, 28 Desember 2022. Orang-orang Serbia telah membangun lebih banyak penghalang jalan di Kosovo utara dan menentang tuntutan untuk menghapus yang ditempatkan sebelumnya. (Foto: AP/Bojan Slavkovic)

BELGRADE, SATUHARAPAN.COM - Presiden Serbia, Aleksandar Vucic, mengatakan pada Rabu (28/12) malam bahwa Serbia akan mulai membuka barikade mereka di Kosovo pada Kamis (29/12) dalam sebuah langkah yang dapat mengurangi ketegangan yang memicu kekhawatiran akan bentrokan baru di Balkan.

Kesepakatan itu dicapai pada pertemuan krisis larut malam dengan para pemimpin Serbia Kosovo, kata Vucic.

Itu menyusul pembebasan mantan perwira polisi Serbia Kosovo, yang penahanannya memicu krisis besar antara Serbia dan Kosovo yang memicu kekhawatiran internasional. Dia telah diperintahkan dibebaskan dari penjara dan ditempatkan di bawah tahanan rumah.

“Artinya, mulai besok (Kamis), dari dini hari akan dimulai pencabutan barikade,” kata Vucic usai rapat. “Ini bukan proses yang sederhana, dan tidak bisa dilakukan dalam dua jam, seperti yang dibayangkan beberapa orang.”

“Dalam 24 hingga 48 jam barikade akan disingkirkan,” kata Vucic. "Tapi ketidakpercayaan tidak dihapus."

Penangkapan mantan perwira pada 10 Desember, Dejan Pantic, menyebabkan protes oleh orang-orang Serbia Kosovo yang mendirikan banyak penghalang jalan di bagian utara negara itu. Pantic ditahan karena kasus "terorisme" setelah diduga menyerang seorang petugas polisi Kosovo selama protes sebelumnya.

Perdana Menteri Kosovo, Albin Kurti, mengkritik keputusan pengadilan untuk membebaskan Pantic sebagai tahanan rumah. “Saya ingin tahu siapa jaksa yang mengajukan permintaan dan hakim yang menyetujui keputusan untuk menempatkan seseorang dalam tahanan rumah ketika mereka memiliki tuduhan terorisme,” kata Kurti pada konferensi pers.

Penangkapan Pantic memicu ketegangan selama berminggu-minggu, diselingi oleh tembakan dan ledakan di dekat patroli pasukan penjaga perdamaian KFOR pimpinan NATO dan jurnalis. Tidak ada yang terluka parah.

Pada akhirnya, Serbia meningkatkan kesiapan tempur pasukannya di perbatasan dengan Kosovo, menuntut diakhirinya "serangan" terhadap orang Serbia Kosovo.

Kosovo telah meminta penjaga perdamaian pimpinan NATO yang ditempatkan di sana untuk menghilangkan penghalang dan mengisyaratkan bahwa pasukan Pristina akan melakukannya jika pasukan penjaga perdamaian tidak bereaksi. Sekitar 4.000 penjaga perdamaian pimpinan NATO telah ditempatkan di Kosovo sejak perang separatis 1998-99 berakhir dengan Serbia kehilangan kendali atas apa yang dulu menjadi salah satu provinsinya.

Pada Selasa malam, Serbia memblokir salah satu jalan utama dari Serbia ke Kosovo, di persimpangan perbatasan Merdare, mendorong otoritas Kosovo untuk memanggil ribuan ekspatriat yang menuju Kosovo untuk liburan dari negara-negara Eropa untuk menghindari penyeberangan itu dan menggunakan yang lain.

“Pembuatan barikade di jalan adalah tindakan yang melanggar hukum dan tidak dapat diterima yang tidak akan ditoleransi,” kata Kurti. “Kami telah memberi KFOR waktu dan ruang yang diperlukan untuk bertindak, tetapi tentu saja waktu ini cepat habis,” dia memperingatkan.

Amerika Serikat dan Uni Eropa menyatakan keprihatinan atas situasi tersebut dalam pernyataan bersama pada hari Rabu. "Kami meminta semua orang untuk menahan diri secara maksimal, mengambil tindakan segera untuk meredakan situasi tanpa syarat, dan untuk menahan diri dari provokasi, ancaman, atau intimidasi," kata pernyataan yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri dan Uni Eropa.

Ia menambahkan bahwa kedua pihak bekerja sama dengan Vucic dari Serbia dan Kurti dari Kosovo “untuk menemukan solusi politik … dan menyepakati jalan ke depan.”

Pernyataan tersebut menyambut baik apa yang dikatakannya sebagai jaminan dari para pemimpin Kosovo bahwa tidak ada daftar orang Serbia Kosovo yang akan ditangkap atau diadili karena protes damai atau mendirikan barikade.

“Pada saat yang sama, supremasi hukum harus dihormati, dan segala bentuk kekerasan tidak dapat diterima dan tidak akan ditoleransi,” tegasnya.

Pemerintah Jerman mengatakan "sangat prihatin" dengan ketegangan di Kosovo utara. "Barikade ilegal yang didirikan oleh Serbia Kosovo harus dihancurkan secepat mungkin, dan blokade perbatasan Merdare kemarin di sisi Serbia memperburuk situasi lebih lanjut," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Christofer Burger di Berlin.

Kementerian Luar Negeri Prancis pada hari Rabu memperingatkan setiap pelancong di dekat perbatasan Serbia-Kosovo untuk melakukan "kewaspadaan terbesar" dan menghindari pertemuan selama ketegangan berlangsung.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada tahun 2008. Upaya Barat untuk menengahi penyelesaian yang dinegosiasikan untuk menormalkan hubungan antara keduanya telah gagal, dengan Serbia menolak untuk mengakui kenegaraan Kosovo. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home