Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:03 WIB | Minggu, 14 Mei 2023

Setelah Kasus Penembakan Massal, Warga Serbia Serahkan 13.500 Senjata Milik Mereka

Foto dari Layanan Pers Kepresidenan Serbia: Presiden Serbia, Aleksandar Vucic, kiri, memeriksa senjata yang dikumpulkan sebagai bagian dari amnesti di dekat kota Smederevo, Serbia, Minggu, 14 Mei 2023. Pihak berwenang Serbia pada hari Minggu memajang sekitar 13.500 senjata senjata yang menurut mereka telah dikumpulkan sejak penembakan massal minggu lalu, termasuk senjata otomatis, bom tangan, dan granat anti-tank. (Foto: Layanan Pers Kepresidenan Serbia via AP)

BELGRADE, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang Serbia pada hari Minggu (14/5) menunjukkan banyak sekitar 13.500 senjata yang menurut mereka telah diserahkan dari orang-orang sejak penembakan massal bulan ini, termasuk granat tangan, senjata otomatis, dan peluncur roket anti-tank.

Pihak berwenang telah mengumumkan periode amnesti satu bulan bagi warga negara untuk menyerahkan senjata yang tidak terdaftar atau menghadapi hukuman penjara sebagai bagian dari tindakan keras terhadap senjata menyusul dua penembakan massal yang menewaskan 17 orang, banyak dari mereka adalah anak-anak.

Presiden populis, Aleksandar Vucic, menemani pejabat tinggi kepolisian pada hari Minggu untuk melihat senjata di dekat kota Smederevo, sekitar 50 kilometer (30 mil) selatan ibu kota, Beograd.

Vucic mengatakan sekitar setengah dari senjata yang dikumpulkan adalah ilegal sementara setengah lainnya adalah senjata terdaftar yang tetap diserahkan warga. Dia menambahkan senjata akan dikirim ke pabrik senjata dan amunisi Serbia untuk kemungkinan digunakan oleh angkatan bersenjata.

“Setelah 8 Juni, negara akan merespons dengan tindakan represif dan hukuman akan sangat ketat,” katanya tentang periode pasca-amnesti. “Untuk apa seseorang membutuhkan senjata otomatis? Atau semua senjata ini?”

Serbia diperkirakan menjadi salah satu negara teratas di Eropa dalam kepemilikan senjata per kapita. Banyak yang tersisa dari perang tahun 1990-an dan ditahan secara ilegal.

Tindakan anti senjata lainnya termasuk kontrol yang lebih ketat terhadap pemilik senjata dan jarak tembak.

Pihak berwenang melancarkan penumpasan senjata setelah seorang bocah laki-laki berusia 13 tahun pada 3 Mei mengambil senjata ayahnya dan menembaki teman-teman sekolahnya di sebuah sekolah dasar di Beograd tengah. Sehari kemudian, seorang anak berusia 20 tahun menggunakan senjata otomatis untuk menembak secara acak di daerah pedesaan di selatan Beograd.

Dua penembakan massal itu menyebabkan 17 orang tewas dan 21 luka-luka, mengejutkan bangsa dan memicu seruan untuk perubahan di negara yang telah mengalami kekacauan dan krisis selama puluhan tahun.

Puluhan ribu orang telah berunjuk rasa dalam dua pawai protes di Beograd sejak penembakan, menuntut pengunduran diri menteri pemerintah dan larangan stasiun televisi yang mempromosikan konten kekerasan dan menampung penjahat perang dan tokoh kejahatan.

Vucic pada hari Minggu menolak seruan oposisi untuk pengunduran diri Menteri Dalam Negeri, Bratislav Gasic, yang juga hadir pada pameran senjata hari Minggu. Tetapi presiden menyarankan agar pemerintah mundur dan dia akan mengumumkan pemilihan awal pada rapat umum yang dia rencanakan pada 26 Mei di Beograd.

“Kami tidak berniat mengganti (menteri dalam negeri) Gasic, yang melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Vucic. "Apa salah polisi?"

Politisi oposisi menuduh otoritas populis Vucic memicu kekerasan dan ujaran kebencian terhadap para kritikus, menyebarkan propaganda di media arus utama dan memaksakan aturan otokratis di semua institusi, yang menurut mereka memicu perpecahan dalam masyarakat.

Pada hari Jumat (12/5), pengunjuk rasa di Beograd memblokir jembatan utama dan jalan raya di ibu kota untuk menekan tuntutan mereka. Protes juga telah diadakan di kota-kota Serbia lainnya, dalam curahan kesedihan dan kemarahan atas penembakan dan otoritas populis.

Vucic menggambarkan blokade jembatan sebagai pelecehan, sementara dia dan pejabat lain serta media di bawah kendalinya berusaha mengecilkan jumlah pengunjuk rasa. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home