Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 21:19 WIB | Rabu, 16 Desember 2015

Setya Novanto Resmi Mundur, MKD Tutup Kasus Papa Minta Saham

Copy surat pengunduran diri Ketua DPR, Setya Novanto. (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Setya Novanto resmi mengundurkan diri dari jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2014-2019.

Pengunduran diri Setya Novanto secara resmi dinyatakan lewat surat yang dilayangkan kepada pemimpiin DPR dengan tembusan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang dibacakan Ketua MKD, Surahman Hidayat, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, hari Rabu (16/12).

“Saya bacakan surat yang saya terima langsung dari yang bersangkutan (Setya Novanto). Jakarta, 16 Desember 2015 kepada pemimpin DPR, perihal pengunduran diri sebagai Ketua DPR. Sebagaimana penanganan dugaan pelanggaran etika yang sedang berlangsung, maka untuk menjaga harkat dan martabat DPR dan menciptakan ketenangan, dengan ini saya menyatakan mengundurkan diri sebagai Ketua DPR. Demikian surat DPR ini saya buat dengan tulus,” kata Wakil Ketua MKD, Sufmi Dasco Ahmad, saat membacakan surat pengunduran diri Setya Novanto yang ditembuskan kepada MKD, di Ruang Sidang MKD, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, hari Rabu (16/12).

“Surat ini ditandatangani di atas materai oleh Setya Novanto,” dia menambahkan.

Menjelaskan, Ketua MKD, Surahman Hidayat, mengatakan MKD memutuskan Sidang MKD atas pengaduan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said terhadap Setya Novanto atas pelanggaran kode etik dinyatakan ditutup.

“MKD sepakat, Sidang MKD atas pengaduan Sudirman Said terhadap Setta Novanto atas pelanggaran kode etik dinyatakan ditutup dengan menerima surat pengunduran diri Setya Novanto sebagai Ketua DPR,” ucap Surahman.

Dia melanjutkan, terhitung sejak hari Rabu (16/12), Setya Novanto dinyatakan berhenti sebagai Ketua DPR periode 2014-2019. “Demikian surat kepada MKD dibacakan bersifat terbuka untuk umum,” tuturnya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home