Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:23 WIB | Senin, 21 September 2015

Seusai Kunjungi Turkmenistan, Djarot Sampaikan Persiapan Asian Games

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, baru saja pulang dari Asghabat, Turkmenistan. Kunjungannya selama sepekan itu dimaksudkan membahas persiapan Asian Games yang akan dilangsungkan di Indonesia pada 2018. 

Dari hasil pertemuan dengan Olympic Council of Asia (COA), ada beberapa hal yang disimpulkan. Pertama, logo Asian Games yang menggambarkan Burung Cendrawasih telah disetujui komite terkait. 

"Lalu mereka sepakat diadakan di dua kota, Jakarta dan Palembang. Selanjutnya, pembukaan dan penutupan Asian Games itu diputuskan di Jakarta," ujar Djarot, saat ditemui di Balai Kota seusai mewakili Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, menghadiri upacara di Monumen Nasional (Monas), Senin (21/9). 

Dari pertemuan tersebut juga dipaparkan, pada Asian Games nanti diputuskan maksimal 10 cabang olah raga yang akan dikompetisikan di Jakarta. Jakarta, sebagai tuan rumah, harus segera mempersiapkan transportasi, akomodasi, dan, pelaksanaan delegasi cabang olahraga. Selain Jakarta, Palembang juga didaulat bertanggung jawab menjadi tuan rumah.

"Ini keputusan kongresnya, yang terkait Asian Games. Kita sampaikan juga, untuk persiapan, kita segera groundbreaking untuk athlete villages. Yang kedua, tanggung jawab DKI adalah pembangunan velodrome untuk standar nasional," ujarnya.

"Aquatic itu sebenarnya tanggung jawab Menpora, tapi karena wilayahnya di DKI Jakarta, di Senayan, menunggu desain yang disetuji OCA," Djarot memaparkan. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan beberapa lokasi untuk Asian Games. Gelora Bung Karno merupakan salah satu yang menjadi venue. Selain itu, Velodrome Rawamangun yang tengah direnovasi, juga dipersiapkan untuk Asian Games. 

"Venue yang di Jakarta itu di Kemayoran untuk indoor, Gelora Bung Karno, dan yang di Tangerang di East. Jadi dibagi begitu supaya terdistribusi keramaiannya," ujar dia.

Waduk Jatiluhur juga dipersiapkan untuk dipakai sebagai lokasi olahraga air.  

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home