Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 09:45 WIB | Jumat, 03 Juli 2015

Shakira Kecam Donald Trump Sebut Orang Meksiko Jahat

Penyanyi Kolombia Shakira memegang sepak bola Jobulani yang akan digunakan untuk final Piala Dunia 2010. (Foto: AFP)

SATUHARAPAN.COM – Penyanyi Shakira mengecam Donald Trump yang berpidato mengungkapkan ‘kebencian dan rasis’ tentang imigran Meksiko. Lainnya, aktris serial Ugly Betty America Ferrera secara sinis mengucapkan terima kasih karena ucapannya ini membuat lebih banyak keturunan Amerika Latin ke tempat pemungutan suara.

Penyanyi Kolombia bernama lengkap Shakira Isabel Mebarak Ripoll ini mengecam komentar miliarder di pesan Twitternya yang punya 32 juta pengikut, Selasa (30/6), mengatakan: "Tidak boleh ada yang hidup di abad ini yang mendukung begitu banyak kebodohan ini.”

Dia menjadi bintang internasional terbaru yang menunjukkan kejijikan atas komentar calon presiden itu.

Pada 16 Juni lalu, saat ia mencari nominasi Partai Republik untuk presiden, Donald Trump mengatakan tentang orang-orang Meksiko, "Mereka memasukkan narkoba. Mereka membawa kejahatan. Mereka pemerkosa.”

Stasiun TV dan jaringan retailer, termasuk Macy’s, telah memutus hubungan dengan pengusaha itu sebagai hasilnya.

Namun, sejak skandal itu pecah, angka di jajak pendapat terkait dengan Donald Trump telah meroket.

Shakira juga menulis di Facebook, dengan 101 juta fans: "Ini adalah pidato kebencian dan rasis yang berusaha memecah belah negara ini yang selama bertahun-tahun telah mempromosikan keragaman dan demokrasi!"

 

Este discurso racista y odioso, intenta dividir a un país que durante años se ha encaminado en la defensa de la...

Posted by Shakira on 30 Juni 2015

Ferrera, yang keluarganya berasal dari Honduras, juga bergabung mengkritik Trump dalam sebuah surat yang diterbitkan di The Huffington Post berjudul Terima kasih Donald Trump!

Di dalamnya ia menulis: "Anda telah mengatakan beberapa hal yang cukup ofensif tentang imigran Latino baru-baru ini, dan saya pikir mereka layak menanggapi ini.

"Karena, Anda tahu, ini adalah Amerika Serikat, tempat saya memiliki hak untuk berbicara bahkan jika saya bukanlah miliarder. Bukankah itu mengagumkan?

America Ferrera.

"Pokoknya, saya mendengar apa yang Anda katakan tentang jenis orang yang Anda pikir imigran Latino—orang yang penuh dengan masalah, yang membawa obat, kejahatan, dan pemerkosaan ke Amerika. Walaupun komentar Anda sangat bodoh dan rasis, saya tidak ingin menghabiskan waktu saya untuk mencaci Anda. Saya akan membiarkan mitra bisnis Anda seperti Univision dan NBC, yang memiliki kekuatan untuk memarahi Anda. Sebaliknya, saya menulis untuk mengucapkan terima kasih!

"Anda lihat, apa yang baru saja Anda lakukan dengan bicara membuat Anda langsung mengirim lebih banyak pemilih Latino ke tempat pemungutan suara daripada sebelumnya. Terima kasih untuk itu. Di sini kita memberi jalan untuk membuat keturunan Amerika Latin ke tempat jajak pendapat. Dan, itu berarti taktik Anda terbukti paling efektif. Ucapan Anda memberi energi pemilih Latino dan meningkatkan jumlah pemilih pada hari pemilihan melawan Anda dan kandidat lain yang berjalan pada platform retorika penuh kebencian.

"Apakah Anda tahu mengapa itu masalah besar, Donald? Karena keturunan Latin adalah yang terbesar, termuda dan paling cepat berkembang dalam konstituen di Amerika Serikat.”

“Benar sekali! Anda sedang mencalonkan diri untuk menjadi Presiden di negara dengan populasi Latino tumbuh lebih 49 persen pada 2000-2012, sedangkan etnis lain di negara ini tumbuh 5,8 persen. Terlebih lagi, kami adalah masa depan.

“Usia rata-rata dari Latino adalah 27 tahun, dibandingkan dengan kulit putih Amerika yang 42 tahun. Dalam kasus ini Anda perlu berubah, sebab ini berarti ada banyak Latino dan memiliki hak untuk memilih di seluruh Amerika. Dan, kami tidak akan ke mana-mana.

"Ini adalah Amerika, tempat kami tinggal. Saya harap sekarang Anda memahami bahwa tanpa suara Latino, tidak ada kesempatan Anda memenangkan pemilihan ini. Jika Anda tidak percaya, Anda bisa bertanya pada Presiden Bush atau bahkan Presiden Obama.

“Anda, Pak Trump, hidup dalam fantasi usang dari orang fanatik Amerika. Pekan lalu, Amerika merayakan beberapa tonggak menakjubkan—kesetaraan perkawinan, kesehatan universal, menghapus bendera Konfederasi—sehingga jelas arah mana negara ini bergerak. Itulah sebabnya komentar rasis yang dimainkan para ekstremis tidak akan mengubah apa pun, seberapa pun keras Anda berusaha. Mereka hanya akan berfungsi untuk menggalang lebih banyak pemilih Latino ke tempat pemungutan suara. Pidato negatif dan ceroboh Anda menyulut api di masyarakat kita. Terima kasih, Pak Trump!

"Terima kasih untuk mengingatkan kami bahwa masih ada spesies kuno dan langka dari fanatik di negeri ini yang harus terus diperangi. Terima kasih untuk mengingatkan kami untuk tidak duduk puas di rumah pada hari pemilihan, tetapi untuk lari ke tempat pemungutan suara dan menyatakan bahwa tidak ada tempat bagi gaya politik rasial di pemerintahan kita. Terima kasih untuk mengirimkan seruan ini.”

“Anda telah membuat pikiran Anda tentang komunitas Latino jelas. Dan, sebaliknya, kami akan melakukan lebih daripada sekadar menuliskan tweet tentang kemarahan dan memaki-maki Anda. Kami akan membungkam Anda di tempat pemungutan suara. Kami akan memilih dan menggunakan posisi kami yang berkembang dalam politik AS. Kami bersama orang Amerika yang memahami dan menghargai kontribusi kami akan bergabung dengan kami. Kami tahu tidak ada yang lebih menakutkan Anda daripada ini.

Yang benar Pak Trump, komentar Anda ini berarti bahwa Anda gagal untuk melihat bahwa imigranlah yang membangun bangsa ini. Mereka adalah inti dari cita-cita kita, dan mereka adalah dasar yang membuat kita bertahan. Pak Trump, karena komentar Anda tidak berarti kami adalah pengedar narkoba dan pemerkosa. Kami adalah ibu dan ayah, putra dan putri. Kami adalah siswa terbaik dan mahasiswa dengan prestasi tinggi. Kami adalah lulusan perguruan tinggi, bankir, polisi, entertainer, guru, wartawan, politikus. Dan, kami adalah masa depan Amerika.

Terima kasih telah membantu kami dalam pekerjaan kami untuk memberikan energi suara Latino dan mengantar masa depan kita bersama! Teruskan!

Meskipun mendapat kecaman, Trump menolak untuk menarik kata-katanya.

Muncul Rabu (1/7) malam di CNN, pengusaha-yang-berubah-jadi-politikus dari Partai Republik ini mengungkapkan kemarahan di media dan perusahaan ritel yang telah memutuskan hubungan dengan dia.

"Mereka membawa obat-obatan, mereka membawa kejahatan, mereka pemerkosa," katanya kemudian. “Awalnya, saya berasumsi mereka adalah orang-orang baik, tapi saat berbicara dengan penjaga perbatasan dan mereka memberi tahu saya apa yang sebenarnya mereka."

Trump terus mempertahankan sudut pandangnya, mengutip statistik. Namun, ia melihat sisi kemanusiaan pada korban. Ia melihatnya sebagai gelombang kejahatan ilegal-imigran yang dihasilkan.

Trump telah menggugat salah satu perusahaan, yang jaringan TV berbahasa Spanyol Univision, untuk mundur dari kontrak siaran lima tahun dalam kontes Miss USA yang rencananya diselenggarakan 12 Juli.

Dia mengatakan pada CNN bahwa dalam platform digital Univision, Fusion, yang pertama kali melaporkan epidemi perempuan diperkosa dalam proses menyelinap melintasi perbatasan AS-Meksiko.

"Nah, jika Anda melihat statistik orang yang datang, Anda melihat statistik tentang korban pemerkosaan, kejahatan, segala sesuatu yang masuk secara ilegal ke negara ini!” kata Trump.

“Jika Anda menonton Fusion, Anda akan melihat sebuah cerita: Sekitar 80 persen dari perempuan yang datang diperkosa—Anda tahu siapa yang memiliki Fusion? Univision!—Tontonlah Fusion dan Anda akan melihat cerita tentang pemerkosaan,” ia berapi-api berkata.

"Ini sulit dipercaya ketika Anda melihat apa yang terjadi. Jadi semua saya lakukan adalah mengatakan yang sebenarnya.” (dailymail.co.uk)

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home