Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 19:23 WIB | Selasa, 14 Oktober 2014

Sidang Raya PGI Angkat Tema Pendidikan karena Amanat Alkitab

Pendeta (Pdt.) Krise Gosal, Sekretaris Eksekutif Departemen Pendidikan Anak PGI. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pendidikan menjadi salah satu hal yang dipentingkan dalam Sidang Raya XVI Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) karena merupakan amanat Alkitab.

Hal ini dikemukakan Pdt Krise Gosal, Sekretaris Eksekutif Departemen Pendidikan Anak PGI kepada satuharapan.com pada Selasa (14/10) di Gedung Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia, Jalan Diponegoro, Jakarta.

“PGI memandang pendidikan penting, karena misi pendidikan adalah salah satu amanat Alkitab,” kata Krise. “Tuhan Yesus sendiri selama berkarya di dunia terlihat dari tiga hal yakni menyembuhkan, mengajar, dan berkhotbah,” Krise melanjutkan.

PGI secara khusus memberi perhatian kepada gereja, dalam kaitannya dengan pendidikan adalah gereja memiliki tugas penting membentuk anak menjadi pribadi tegas dan berkarakter, karena kepandaian yang dimiliki tanpa hati yang berpaut pada Kristus akan membuat seseorang menjadi fokus pada dirinya sendiri (self centered).

Krise menjelaskan bahwa kerangka dalam Sidang Raya PGI nanti yang menjadi tema penting yakni pada nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter.

Krise menegaskan pentingnya pendidikan diangkat sebagai salah satu bahan diskusi dalam Aro Gosali karena Gereja perlu merumuskan kembali definisi tentang guru dan melihat pendidikan sebagai bagian dari misi Gereja.

Gereja perlu memperhatikan dan mendukung keberadaan sekolah-sekolah kristen karena dalam situasi Bangsa seperti ini Sekolah Kristen merupakan satu-satunya tempat “aman” untuk anak kita bisa mendapatkan pendidikan. Gereja perlu men-support sekolah dalam melakukan pembinaan terhadap guru karena masa depan gereja juga terletak di situ.

“Pendidikan karakter adalah pendidikan yang didalamnya bagaimana seorang pendidik harus bisa mengembangkan karakter peserta didik, jadi kalau misalnya yang diutamakan pendiikan agama bukan karakter maka dia akan mati-matian membela agamanya, bisa jadi tumbuh fanatisme, dan kita tidak inginkan seperti itu,” Krise menambahkan.

Pendidikan Dibahas dalam Aro Gosali

Aro Gosali, dalam bahasa lokal, merupakan tradisi masyarakat Nias dalam berdiskusi dan bermusyawarah tentang berbagai hal yang menyangkut kehidupan bersama. Istilah ini kemudian dipakai pada kesempatan SR ini, sebagai kesempatan saat perwakilan gereja-gereja dapat berdiskusi bersama untuk mendalami berbagai masalah-masalah yang berkembang di masyarakat, dan bagaimana seharusnya gereja menyikapi perkembangan tersebut sesuai dengan sub-tema Sidang Raya XVI PGI tahun 2014.

Tema Pendidikan hanya salah satu dari tema yang diusung dalam pokok-pokok diskusi di Aro Gosali Sidang Raya PGI XVI pada akan diselenggarakan Selasa (11/11) hingga Senin (17/11) di Gunung Sitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara. Selain itu masih ada tema Bencana Ekologis, Kepemimpinan Gerejawi, Ekonomi Jemaat, Gereja Pasca Pemilu, dan Radikalisme.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home